Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Irak Memulai Operasi Militer Merebut Sisi Barat Kota Mosul

Kompas.com - 19/02/2017, 13:03 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com - Pasukan Irak, Minggu (19/2/2017), menggelar serangan terhadap pasukan ISIS yang mempertahankan sisi barat kota Mosul.

Pertempuran ini diperkirakan akan berjalan sangat brutal dalam operasi militer untuk membebaskan Mosul yang sudah berlangsung empat bulan.

"Pasukan kami memulai operasi untuk membebaskan warga Mosul dari teror Daesh," ujar PM Irak Haider al-Abadi merujuk nama ISIS dalam bahasa Arab.

"Kami mengumumkan fase baru operasi militer. Kami datang, Nineveh, untuk membebaskan sisi barat Mosul," tambah Abadi.

Pasukan kepolisian federal dan pasukan kementerian dalam negeri diharapkan memulai serangan ke bandara Mosul yang berada di ujung selatan kota di sisi barat Sungai Tigris.

Diperkirakan operasi ini tak akan berjalan mudah karena pasukan ISIS akan mempertahankan mati-matian Mosul, basis terakhir mereka di Irak.

Setelah menggelar operasi di sekitar Mosul, pasukan elite kontra-terorisme (CTS) masih membutuhkan waktu selama dua bulan untuk membersihkan sisi timur Mosul.

Setelah sempat "beristirahat", pasukan pemerintah federal kini akan memulai pekerjaan yang lebih sulit yaitu merebut sisi barat Mosul.

Sisi barat kota dikenal sebagai daerah yang dipenuhi gang-gang sempit yang membentuk kota tua Mosul.

"Sisi barat Mosul akan jauh lebih sulit, dengan pertempuran dari rumah ke rumah yang dipastikan menjatuhkan lebih banyak korban," ujar Patrick Skinner, dari kelompok konsultan intelijen Soufan Group.

Ruas-ruas jalan di sekitar pusat kota yang bersejarah, termasuk masjid tempat Abu Bakr al-Baghdadi berpidato pada Juni 2014, tak akan bisa dilewati kendaraan militer.

Kondisi ini tentu akan sangat menguntungkan pasukan ISIS yang saat ini kekurangan persenjataan.

Selain itu, para analis memperkirakan, sisi barat Mosul dihuni warga yang lebih beragam ketimbang sisi barat kota. Sehingga bisa saja ISIS lebih mendapat dukungan rakyat di sisi barat Mosul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com