Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebulan Biaya Perjalanan Trump Setara Biaya Perjalanan Obama Setahun

Kompas.com - 19/02/2017, 11:22 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Baru satu bulan berkuasa, biaya perjalanan Presiden Donald Trump dan keluarganya terbilang sangat besar.

Biaya perjalanan itu hampir sama dengan biaya satu tahun perjalanan dinas mantan Presiden Barack Obama.

Kunjungan Trump sebanyak tiga kali ke klub peristirahatannya di Mar-a-Lago, Florida, ditambah biaya perjalanan dinas anak-anaknya dikabarkan mencapai angka 11,3 juta dollar AS atau lebih dari Rp 150 miliar.

Lembaga pengamat Judicial Watch memperkirakan, setiap tahun, selama delapan tahun memerintah, biaya perjalanan dinas Barack Obama rata-rata 12,1 juta dollar AS atau sekitar Rp 160 miliar.

"Ini adalah cara yang mahal untuk menjalankan bisnis dan Presiden seharusnya memahami itu," kata Presiden Judicial Watch Tom Fitton kepada harian The Washington Post.

"Hal yang unik adalah Presiden Trump tahu betapa mahalnya mengoperasikan pesawat terbang. Pergi ke Mar-a-Lago tidak gratis," tambah Fillon.

Tiga perjalanan ke Mar-a-Lago di Palm Beach itu membebani kas negara sekitar 10 juta dollar AS atau sekitar Rp 137 miliar, berdasarkan laporan pemerintah.

Tak hanya kas negara yang terbebani, Sheriff Palm Beach County Ric Bradshaw mengatakan, pemerintah lokal juga mengeluarkan biaya 360.000 dollar AS atau hampir Rp 5 miliar.

Uang sebesar itu digunakan untuk membayar uang lembur para polisi yang bertugas untuk tiga kali akhir pekan sejak 20 Januari lalu.

Harian The Washington Post juga mengungkapkan bahwa negara mengeluarkan biaya 88.320 dollar AS atau setara dengan Rp 1,1 miliar untuk biaya pengerahan petugas Secret Service.

Para agen Secret Service itu dikerahkan untuk bersiaga di sebuah hotel saat Eric Trump, putra sang presiden, berada di Uruguay untuk mempromosikan salah satu kondominium bermerek Trump.

Biaya tambahan di keluarga juga untuk menyiagakan agen-agen Secret Service di Hotel AlSol Del Mar, Republik Dominika.

Para agen Secret Service itu melakukan penyisiran awal di hotel yang akan menjadi lokasi kunjungan Eric Trump.

Tak hanya itu, biaya sebesar 16.000 dollar AS atau lebih dari Rp 200 juta untuk membayar tarif kamar hotel para agen Secret Service yang mengamankan kunjungan dua putra Trump di Dubai.

Kondisi ini sungguh ironis karena Trump berulang kali mengkritik Obama yang disebutnya menghabiskan uang rakyat untuk membiayai perjalanannya.

"Liburan Presiden @Barack Obama menghabiskan uang rakyat hingga jutaan dollar--Tak bisa dipercaya!" demikian kicauan Trump pada Januari 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com