Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MIKTA Apresiasi Langkah Indonesia Bantu Atasi Krisis Myanmar

Kompas.com - 17/02/2017, 14:28 WIB

BONN, KOMPAS.com — Pertemuan para menteri luar negeri anggota MIKTAMeksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australiamengapresiasi keberhasilan Indonesia dalam membantu mengatasi krisis di Rakhine, Myanmar.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dalam pertemuan kelompok lima negara itu sebelumnya menyampaikan tentang pentingnya kerja sama multilateral dalam mengatasi berbagai tantangan dunia saat ini secara bersama-sama.

Ketika berbicara sebagai lead speaker pada saat membahas perkembangan situasi kawasan, Menlu Retno menyampaikan perkembangan terkait situasi di negara bagian Rakhine, Myanmar.

Retno menyampaikan bahwa Myanmar menghadapi situasi dan tantangan yang sangat kompleks dan multi-dimensi, terutama di Rakhine.

Berbagai masalah dihadapi Pemerintah Myanmar, seperti konflik komunal yang sudah menahun, kemiskinan, demokrasi dan proses reformai yang masih berusia muda di Myanmar, serta adanya ancaman dari transnational organised crime.

Dengan komplikasi masalah yang dihadapi tersebut, komunitas internasional perlu untuk membantu Myanmar karena kegagalan akan dapat berdampak negatif pada keamanan dan stabilitas kawasan.

Lebih lanjut Retno menyampaikan, Indonesia memilih untuk melakukan constructive engagement dengan Myanmar.

Menlu menyampaikan berbagai langkah Indonesia yang telah dilakukan untuk membantu situasi di Rakhine agar menjadi lebih baik.

Langkah yang diambil oleh Menlu RI dan Indonesia tersebut mendapat apresiasi dari semua menlu MIKTA yang hadir.

“Indonesia menunjukkan komitmen tinggi untuk membantu Pemerintah Myanmar di Rakhine State, bekerja sama dengan berbagai macam LSM, termasuk LSM Islam dan LSM yang bergerak di bidang kemanusiaan,” tutur Menlu RI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com