Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gadis-gadis Cilik Rohingya Dijual Jadi Pengantin di Malaysia

Kompas.com - 17/02/2017, 12:31 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Anak perempuan berbadan kurus dalam kerudung biru toska itu menahan tangis saat ia mengenang apa yang terjadi ketika ia melarikan diri ke Malaysia dari negara bagian Rakhine,  yang dilandan konflik di Myanmar.

Hanya berusia 12 tahun saat itu, ia dipaksa menikahi laki-laki yang tak ia kenal dan usianya terpaut 10 tahun lebih tua, sebagaimana dilaporkan Reuters.

Remaja itu, sekarang berusia 13 tahun, seperti ratusan anak-anak perempuan lainnya melarikan diri dari penyiksaan, kekerasan dan kondisi seperti “apartheid” di Rakhine, hanya untuk dijual kepada pria-pria Rohingya di Malaysia, menurut kelompok migran dan anggota komunitas.

Terpisah dari keluarganya saat melarikan diri ke Malaysia, ia mengatakan ia ditangkap oleh pedagang manusia dan ditahan selama berminggu-minggu dalam kamp yang kotor dan brutal di hutan dekat perbatasan Thailand-Malaysia dengan puluhan lainnya.

Penangkapnya mengatakan seorang pria Rohingya bersedia memberinya kebebasan asal ia mau dikawini.

"Agen (perdagangan manusia) itu mengatakan saya telah dijual kepada seorang laki-laki dan saya bertanya, bagaimana mereka tega melakukannya? Hati saya berat dan saya takut," ujar anak perempuan itu dalam sebuah wawancara di Kuala Lumpur.

Namun, Reuters tidak dapat secara independen memverifikasi aspek-aspek ceritanya namun ibunya mengukuhkan ia ditahan di kamp selama berminggu-minggu sebelum dibebaskan.

Nasib anak perempuan itu hanyalah satu ilustrasi dari kesulitan yang dihadapi banyak etnis Rohingya, kelompok minoritas di Myanmar, yang dianggap pemerintahnya sebagai imigran ilegal dari Banglades, dan memiliki hak-hak terbatas.

Sejak 2012, kekerasan dan konflik komunal telah menewaskan ratusan Rohingya sementara puluhan ribu lainnya telah melarikan diri, mencari perlindungan di negara-negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, Indonesia, dan Banglades.

Dalam razia baru-baru ini, tentara dan polisi melakukan pembunuhan massal dan pemerkosaan beramai-ramai serta membakar desa-desa di sebelah utara Rakhine, menurut laporan investigasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) awal Februari ini.

Sudah menjadi hal umum bagi perempuan Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar untuk menikah dengan pria-pria Rohingya di negara-negara tujuan, biasanya lewat perjodohan antara keluarga, menurut kelompok-kelompok hak asasi manusia.

Beberapa dari pernikahan-pernikahan ini terjadi pada anak-anak di bawah umur. Namun, semakin banyak juga yang menjadi korban perdagangan manusia yang menjual perempuan dewasa dan anak perempuan kepada pria-pria Rohingya.

Matthew Smith, direktur eksekutif kelompok perlindungan migran dan pengungsi di Asia Tenggara, Fortify Rights, mengatakan, pihaknya telah melihat peningkatan signifikan dalam jumlah pengantin-pengantin anak-anak menyusul meningkatnya kekerasan di Rakhine.

Tidak ada data statistik resmi berapa banyak anak-anak perempuan yang telah dijual sebagai pengantin.

Tahun 2015, Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) mengatakan dalam laporannya bahwa mereka telah mengidentifikasi 120 pengantin anak-anak Rohingya di Malaysia.

Walau demikian, UNHCR juga tak bisa mendapatkan informasi atau menjelaskan berapa dari anak-anak tersebut yang merupakan korban perdagangan manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com