Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seniman India Bangun Istana Pasir Tertinggi di Dunia

Kompas.com - 16/02/2017, 16:48 WIB

PURI, KOMPAS.com - Seorang seniman di India membangun sebuah istana dari pasir tertinggi di dunia, dengan tujuan untuk mempromosikan perdamaian dan kepedulian terhadap seni.

Seniman Sudarsan Pattnaik dibantu 45 anak didiknya dari Sudarsan Sand Institute menorehkan namanya di buku rekor dunia, the Guinness World Record untuk "istana pasir tertinggi".

Seperti diberitakan laman UPI.com, Rabu (15/2/2017), replika kastil dengan tinggi 15 meter tersebut didirikan di Kota Puri, negara bagian Odisha di India.

Istana pasir itu memiliki garis keliling 161 meter, lengkap dengan desain relief unik berbentuk burung merpati dan wajah tokoh perdamaian dunia, seperti Mahatma Gandhi.

Di bagian tengah bagunan itu disematkan tulisan "World Peace".

"Saya sangat bahagia karena bisa menyebarkan pesan damai ke seluruh dunia melalui istana pasir tertinggi di dunia ini," kata Pattnaik.

"Ini adalah istana pasir pertama dari India yang tercatat dalam buku rekor Guinness World Records," kata dia lagi.

Karya Pattnaik ini memecahkan rekor sebelumnya, sebuah istana pasir setinggi sekitar 14 meter yang dibuat Ted Siebert di Virginia Key Beach di Miami, Florida tahun 2015. 

Tidak seperti kebanyakan upaya pembuatan rekor lainnya, yang menggunakan mesin untuk mengumpulkan pasir, replika istana Pattnaik ini dibangun seluruhnya dengan tangan. 

 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com