Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Desak Venezuela Bebaskan Pimpinan Oposisi dari Penjara

Kompas.com - 16/02/2017, 09:12 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump, Rabu (15/2/2017), mendesak pemerintah Venezuela untuk membebaskan pemimpin oposisi Leopoldo Lopez dari penjara.

Selain itu, Trump juga mengunggah ke Twitter foto dirinya bersama wapres Mike Pence dan istri Lopez saat bertemu di Gedung Lopez.

"Venezuela harus mengizinkan Leopoldo Lopez, tahanan politik dan istri dari @lilianintori, keluar dari penjara sesegera mungkin," ujar Trump.

Sebelum bertemu Trump, istri Leopoldo Lopez sempat bertemu senator asal Florida, Marco Rubio.

Lopez, pendiri Popular Will, salah satu partai politik yang paling menentang Presiden Nicolas Maduro, menjalani hukuman 14 tahun penjara.

Dia dituduh memicu aksi unjuk rasa anti-pemerintah pada 2014 yang mengakibatkan 43 orang tewas.

Pertemuan antara Trump dan Lilian Tintori sudah pasti membuat Maduro makin berang, apalagi sebelumnya pemerintah AS menjatuhkan sanksi terhadap wapres Tareck El Aissami.

Pemerintah AS menuduh El Aissami terlibat dalam penyelundupan narkotika internasional. Tudingan ini semakin meningkatkan ketegangan antara Washington dan Caracas.

Maduro sudah mendesak pemerintah AS meminta maaf terkait sanksi yang dijatuhkan terhadap El Aissami dan mengancam akan merespon dengan keras.

Tak lama setelah Trump mengunggah cuitannya tentang Lopez, Maduro memperingatkan para pemimpin AS bahwa dia akan menggunakan tangan besi terhadap langkah agresif Washington.

"Jika mereka menyerang kami, kami tak akan diam. Venezuela akan merespon dengan keras. Mereka yang mengganggu kami akan mendapatkan respon yang sepadan," ujar Maduro dalam pidato yang disiarkan televisi.

Meski demikian, Maduro menegaskan, pemerintahannya tak ingin terlibat masalah dengan Trump.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com