Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Para Pensiunan Presiden AS Mengisi Hari

Kompas.com - 09/02/2017, 22:37 WIB

KOMPAS.com — Seusai memimpin negara selama empat atau delapan tahun, semua presiden Amerika Serikat pada akhirnya harus menghadapi suatu kenyataan, lengser dari jabatannya.

Lalu apa yang terjadi ketika mereka meninggalkan Gedung Putih?

Bagi Barack Obama, jawabannya adalah berlibur ke Kepulauan Karibia dengan senyum terkembang yang menghiasi wajahnya.

Mantan pemimpin di negara adidaya itu tampak berseri-seri, riang gembira menikmati suasana di pantai, memakai topi terbalik, dan diapit Michelle yang sama-sama terlihat ceria.

Lalu, di mana mereka bersenang-senang? Mereka menghabiskan liburan di sebuah pulau pribadi miliarder Inggris, Sir Richard Branson, di British Virgin Islands.

Sir Richard mengunggah foto-foto Obama yang tengah belajar kiteboard dalam blognya dan terlihat bercanda dengan sang pengusaha.

Bos maskapai penerbangan Virgin itu mengatakan, dia mengundang Obama untuk sepenuhnya berlibur di pulau pribadinya setelah sang presiden tak lagi menghuni Gedung Putih.

Namun, tidak setiap presiden ingin menghabiskan waktu di bawah semburat sang surya setelah pintu-pintu Sayap Barat (West Wing) tertutup.

Ada yang memilih untuk berburu gajah, menikahi seorang kerabat, dan melukis dengan cat minyak sebagai sambilan.

George W Bush menjadi pelukis

Ketika presiden ke-43 Amerika Serikat ini keluar dari Gedung Putih pada Januari 2009, ia meninggalkan Washington untuk menikmati hidup tenang di rumahnya di sebuah lahan pertanian seluas 607 hektar di Prairie Chapel Ranch, Dallas, Texas.

Bush ingin menikmati masa pensiunnya lalu dia mengambil kursus melukis. Kemudian mengalirlah karya-karya Bush yang meliputi sosok para tokoh dunia, antara lain Presiden Rusia Vladimir Putin, Tony Blair, dan Dalai Lama, serta hewan-hewan peliharaannya.

Ia mendapat inspirasi dari idolanya, PM Inggris Sir Winston Churchill, yang beralih ke seni saat berusia 40-an untuk melarikan diri dari keriuhan politik.

"Jika saya masuk surga nanti, saya ingin menghabiskan sebagian besar dari porsi jutaan tahun pertama saya dengan melukis, jadi mari memulainya," kata pemimpin Inggris pada masa perang itu.

Bush rupanya kurang sabar. Ia mengatakan kepada guru seninya, "Ada Rembrandt terperangkap dalam tubuh ini, dan tugas Anda adalah untuk menemukannya."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com