Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Bicara soal Los Angeles Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2024

Kompas.com - 07/02/2017, 11:22 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Donald Trump merasa telah ikut memperjuangkan Los Angeles dalam bursa calon tuan rumah perhelatan Olimpiade musim panas tahun 2024.

Namun, Trump kemudian mengaku tak bisa memastikan, apakah perintah eksekutif terkait keimigrasian yang ditandatanganinya beberapa waktu lalu akan berdampak buruk terhadap Los Angeles.

Trump mengungkapkan komentarnya ini saat berbicara dalam wawancara di the Westwood One Sports Radio Network, Minggu atau Senin WIB kemarin. 

Seperti diberitakan AFP, Trump yang diharapkan memberi dukungan atas pencalonan itu merasa pembicaraannya dengan para pemangku jabatan di Komite Olimpiade telah berjalan baik.

"Anggota komite dari AS sudah meminta saya untuk berbicara tentang pencalonan Los Angeles ini dan saya sudah melakukannya," kata Trump.

"Saya pun akan tetap membantu mereka untuk itu," ujar Trump.

"Selanjutnya, mari kita lihat apa yang akan terjadi. Namun, saya akan sangat bahagia dan merasa terhormat jika mereka mau memilih Los Angeles dan mendukungnya," ujar Trump.

Selain Los Angeles, ada Paris, dan Budapest yang terpilih masih babak "final" dalam bursa pemilihan tuan rumah Olimpiade 2024.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) menjadwalkan pemilihan akhir akan digelar dalam pemungutan suara yang digelar di Lima, Peru, bulan September 2017 mendatang.

"Saya pun sebenarnya sudah membuat pembicaraan dengan Komite Olimpiade Eropa, dan mereka, saya pikir, sangat senang bisa berbicara dengan saya," kata Trump.

"Mereka lalu menginginkan dukungan dari saya dan saya pasti akan memberikan itu dengan tegas dan jelas," kata dia.

"Saya akan sangat senang menyaksikan perhelatan Olimpiade bisa digelar di Los Angeles. Saya pikir itu akan luar biasa," kata Trump.

Ketika ditanya apakah kebijakan anti-imigran yang diambil Trump berpengaruh terhadap nasib Los Angeles di Olimpiade, Trump tak bisa memastikannya.

Menurut Trump, keamanan nasional menjadi prioritas utamanya saat ini. 

"Ya, saya tidak tahu ya. Namun, yang pasti kita harus menjamin keamanan di negara kita. Kita harus mengenali benar siapa yang datang ke sini," katanya.

"Kita harus memastikan bahwa mereka yang datang ke sini adalah orang baik. Jika ada orang yang datang dengan intensi buruk, saya ingin mencegahnya sebelum dia masuk ke AS," kata Trump.

"Selain itu, kita pun perlu membangun perbatasan yang kuat. Kami ingin kita memiliki pemeriksaan ekstrem, dan terus terang, kita tahu apa yang kita lakukan," ujar dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com