Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari Usai Dijatuhi Sanksi AS, Iran Coba Lagi Misil Balistiknya

Kompas.com - 04/02/2017, 16:29 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Iran kembali meluncurkan misil balistiknya dalam latihan pasukan elit Garda Republik, Sabtu (4/2/2017).

Langkah ini dilakukan sehari setelah AS kembali menjatuhkan sanksi terkait peluncuran misil balistik Iran akhir pekan lalu.

Misil balistik jarak menengah Iran mampu mencapai sasaran sejauh 2.000 kilometer, cukup untuk menyerang pangkalan militer Israel atau AS di kawasan Teluk.

Namun, pasukan Garda Revolusi mengatakan, misil yang diluncurkan pada Sabtu ini merupakan misil jarak pendek dengan daya jelajah maksimall 75 kilometer.

Garda Republik mengatakan, peluncuran misil dan latihan di provinsi Semnan, wilaya timur laut Iran itu ditujukan untuk menunjukkan kemampuan dan kesiapan Iran menghadapi ancaman dan sanksi memalukan dari AS.

"Berbagai tipe radar, misil buatan dalam neger, sistem komando dan sistem perang siber digunakan dalam latihan ini," kata situs resmi Garda Republiik.

Hubungan antara Iran dan AS menurun tajam sejak Donald Trump berkuasa sejak bulan lalu. Trump berjanji akan mengambil langkah tegas terhadap apa yang disebutnya agresifitas Iran terhadap kepentingan AS dan sekutunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com