Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Seluruh Wilayah AS Dikelilingi Tembok dengan Kawat Duri..."

Kompas.com - 03/02/2017, 10:32 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Kalimat berbunyi "Let The World Be Great Again" tertulis di salah satu bagian dinding yang dibangun mengitari wilayah Amerika Serikat.

Tembok itu dibangun dalam bagian dari rangkaian miniatur set jaringan kereta api AS di acara the Miniatur Wunderland di Hamburg, Jerman.

Penyelenggara acara mendirikan dinding lengkap dengan kawat duri di atasnya. Terlihat seluruh wilayah AS dikelilingi tembok pada semua sisinya.

Co-founder Gerrit Braun, Kamis (2/2/2017), seperti diberitakan Reuters, mengungkapkan, ide membangun tembok berduri di perbatasan AS itu muncul dari sebuah diskusi.

Saat itu, kata Braun, para staf penyelenggara acara menanyakan apakah perlu dibuat penyesuaian terhadap miniatur AS menyusul perkembangan dunia belakangan ini.

Namun, Braun menegaskan, keberadaan tembok itu tak berkaitan dengan rencana Presiden AS Donald Trump untuk membangun tembok pembatas AS-Meksiko.

Sebaliknya, kata Braun, karya ini dimaksudkan untuk mendorong pengunjung berpikir tentang apa yang terjadi ketika manusia membangun dinding ideologi di sekitar negaranya. 

Acara ini merupakan salah satu event tahunan yang digandrungi oleh wisatawan yang berkunjung ke kota di utara Jerman itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com