Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentagon Umumkan Pengecualian Terkait Kebijakan "Anti-Imigran" Trump

Kompas.com - 03/02/2017, 07:43 WIB

VIRGINIA, KOMPAS.com - Departemen Pertahanan Amerika Serikat di Pentagon, Virginia, Kamis atau Jumat WIB (3/2/2017) mengumumkan pengecualian atas perintah eksekutif tentang keimigrasian yang diambil Presiden Trump akhir pekan lalu.

Pentagon merilis adanya pengecualian atas keputusan yang membekukan pemberian visa bagi warga dari tujuh negara hingga 90 hari ke depan.

Disebutkan, pembekuan itu tidak berlaku bagi orang-orang di ketujuh negara tersebut, yang pernah membantu kerja militer AS.

Seperti yang telah diberitakan, Trump memerintahkan pembekuan pemberian visa bagi warga dari Iran, Irak, Suriah, Sudan, Libya, Yaman, dan Somalia.

Baca: Trump Resmi Batasi Laju Imigran dari 7 Negara Ini  

Jurubicara Pentagon, Kapten Angkatan Laut Jeff Davis, mengatakan, Departemen Pertahanan menjamin mereka yang telah bekerja sama dengan AS, akan mendapat pertimbangan khusus terkait ketentuan itu. 

Sebelumnya, pada Senin lalu, Davis sempat memberitahu wartawan, bahwa daftar pengecualian yang sedang disusun tersebut hanya berlaku bagi warga negara Irak, dan tidak bagi negara-negara lain.

Namun, hari ini dia menegaskan, pengecualian itu pun berlaku bagi keenam negara lainnya.

Davis kemudian mengatakan, Pentagon menyambut baik keputusan ini, karena AS pun berkepentingan dengan dengan mereka yang telah memberikan bantuan untuk bisa melakukan perjalanan ke AS.

Dia menambahkan, seluruh kedutaan dan konsulat AS kini terus menjalankan proses dan mengeluarkan Visa Imigran Khusus kepada para pemohon yang memenuhi syarat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com