Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fox News Hapus Kicauan tentang Teroris di Masjid Quebec

Kompas.com - 02/02/2017, 06:51 WIB

KOMPAS.com - Jaringan televisi AS Fox News menghapus kicauan di Twitter yang menyebutkan seorang tersangka serangan masjid di Quebec adalah warga keturunan Maroko.

Penghapusan itu dilakukan atas permintaan kantor Perdana Menteri Kanada.

Kate Purchase, kepala komunikasi PM Justin Trudeau, mengatakan Fox News menyebarkan informasi yang salah melalui kicauan yang ditulis berdasarkan pada laporan awal.

Diberitakan sebelumnya, enam warga Muslim ditembak mati ketika shalat pada Minggu malam waktu setempat. Ada pula 19 orang terluka dalam serangan tersebut.

Teroris tersebut bernama Alexandre Bissonnette. Mahasiswa warga Prancis-Kanada itu, telah dikenakan dakwaan enam tuduhan pembunuhan tingkat pertama dan lima tuduhan percobaan pembunuhan.

"Tersangka dalam serangan masjid Quebec merupakan keturunan Maroko," begitu kicauan di akun Fox News.

Sejumlah laporan awal memang menyebutkan bahwa seorang dari dua pria yang ditahan adalah keturunan Maroko.

Namun, pria itu kemudian dianggap sebagai seorang saksi dan dibebaskan tanpa tuduhan.

Fox News memperbarui pemberitaannya tetapi media itu tidak menghapus kicauan di akun Twitter-nya sampai ada permintaan dari Kanada. Tercatat, akun Twitter Fox News memiliki 13 juta followers.

Kate Purchase menulis pesan kepada Fox News yang meminta komentar itu dicabut atau diperbarui dengan merefleksikan identitas aktual tersangka.

"Kita harus tetap fokus untuk memberi rasa aman terhadap komunitas kami dan mempersatukan dibandingkan membuat batasan dan mencari kambing hitam dalam komunitas," tambah Kate.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com