Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin dan Trump Akan Gelar Pembicaraan Lewat Telepon

Kompas.com - 27/01/2017, 14:42 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Donald Trump dijadwalkan melakukan pembicaraan telepon pada Sabtu (28/1/2017).

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov hanya mengiyakan saat menjawab pertanyaan kantor berita RIA Novosti terkait rencana pembicaraan kedua pemimpin itu.

Jika pembicaraan telepon itu terlaksana, maka itulah kali pertama Trump berkomunikasi langsung dengan  Putin sejak pelantikan pada 20 Januari lalu.

Keduanya pernah berbicara menggunakan telepon pada November lalu setelah kemenangan Trump dalam pemilihan presiden.

Saat itu keduanya sepakat untuk melakukan normalisasi hubungan kedua negara yang memburuk terutama akibat krisis di Ukraina.

Padahal, sepanjang masa kampanye, Putin menyebut pesaingnya Hillary Clinton sebagai boneka Putin.

Kurang dari sebulan sebelum meninggalkan Gedung Putih, Presiden Barack Obama menuduh Rusia melakukan intervensi dalam pemilihan presiden AS.

Langkah keras dilakukan Obama terkait tuduhan ini termasuk mengusir 35 orang agen intelijen dan menjatuhkan sanksi ekonomi kepada badan-badan intelijen Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com