Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Setia Ini Setiap Hari Menengok Makam Majikannya

Kompas.com - 27/01/2017, 13:44 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Kisah soal kesetiaan seekor anjing kepada majikannya seakan tak pernah habis diceritakan. Kali ini kisah itu datang dari Turki.

Adalah seekor anjing mungil bernama Cesur yang dipelihara seorang pria tua bernama Mehmet Ilhan, warga provinsi Bursa, Turki.

Belum lama ini, Mehmet meninggal dunia dalam usia 79 tahun. Meninggalnya Mehmet membuat seluruh keluarganya sedih, termasuk Cesur.

Saat jenazah Mehmet disemayamkan di sebuah masjid di distrik Ohraneli, Bursa, Cesur duduk diam sambil menundukkan kepalanya di bawah peti jenazah Mehmet.

Setelah selesai didoakan di masjid, jenazah Mehmet kemudian dibawa ke pemakaman dan Cesur pun mengikuti rombongan pengantar.

Bahkan Cesur menyaksikan bagaimana jasad sang majikan diturunkan ke liang lahat dan anjing itu mengikuti semua prosesi hingga selesai.

Anjing yang setia itu kini dipelihara Ali, putra Mehmet. Namun, agaknya Cesur belum bisa menyesuaikan diri dengan "keluarga" barunya.

Setiap hari, Ali mengajak anjing jenis greyfriar bobby itu berjalan-jalan ke pemakaman. Di sana Cesur bisa duduk berjam-jam memandangi pusara Mehmet.

"Ayah saya sejak lama menderita lumpuh dan dua tahun lalu dia memelihara Cesur yang masih kecil untuk menemani dia," kenang Ali.

"Ayah saya sangat mencintai Cesur dan saya kira Cesur sangat sedih karena dia kehilangan ayah saya," tambah Ali.

Bahkan, lanjut Ali, ketika ayahnya dirawat di rumah sakit beberapa hari sebelum meninggal dunia, Cesur tak mau makan.

"Sekrang setiap hari Cesur mengunjungi makam ayah saya, karena nampaknya dia belum terbiasa kehilangan tuannya," tambah Ali.

"Orang-orang yang bekerja di pemakaman mengatakan setiap pagi selalu melihat Cesur ada di makam ayah saya," ujar Ali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com