Kamis, 23 Maret 2017

Internasional

Bill Gates Berpeluang Jadi Triliuner Pertama di Dunia

Jumat, 27 Januari 2017 | 08:20 WIB
Bill Gates Bill Gates membuat daftar 5 buku terbaik yang ia baca selama 2016.

LONDON, KOMPAS.com - Pendiri Microsoft Bill Gates kini tengah dalam proses untuk menjadi triliuner pertama di dunia dalam 25 tahun ke depan.

Dalam laporan yang dirilis Oxfam, organisasi yang memerangi kemiskinan, disebutkan sejak 2015, satu persen penduduk dunia di level teratas menguasai 99 persen kekayaan dunia.

Di dalam angka satu persen itu, terdapat delapan orang terkaya di dunia yang harta bendanya bahkan tak bisa disaingi 3,6 miliar warga paling miskin di dunia.

Oxfam menggunakan statistik itu untuk membeberakan betapa tak seimbangnya pertumbuhan ekonomi karena orang kaya akan terus menjadi kaya sementara warga miskin tak beranjak dari kemiskinannya.

Studi ini kemudian memprediksi kekayaan masa depan Bill Gates dengan menggunakan perhitungan rata-rata pertumbuhan investasinya

Sejak 2009, investasinya berkembang stabil di angka 11 persen setahun. Jika angka ini bertahan maka Gates, yang saat ini merupakan orang paling kaya di dunia dengan harta total 85 miliar dolar, sangat mungkin menjadi triliuner di usia 86 tahun.

Gates adalah pendiri yayasan Bill & Melinda Gates. Dia juga pendiri The Giving Pledge, sebuah komitmen dari para orang kaya dunia untuk mendedikasikan sebagian besar kekayaan mereka untuk kemanusiaan.

Meski rajin menyumbang, studi ini mencatat, kekayaan Gates tumbuh dari 50 miliar dolar menjadi 75 miliar dolar justru sejak dia meninggalkan Microsoft.

Editor : Ervan Hardoko
Sumber: Independent,
TAG: