Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Korban Salju Longsor di Rigopiano Berakhir, 29 Jasad Ditemukan

Kompas.com - 26/01/2017, 16:09 WIB

ROMA, KOMPAS.com - Proses pencarian para korban yang terkubur longsoran salju dalam bencana yang melanda sebuah hotel di wilayah Italia tengah, pekan lalu, Kamis (26/1/2017) berakhir.

Otoritas setempat menyebutkan, tim pencari menemukan 29 jasad dalam bencana yang penanganannya banyak menuai kritik dari publik tersebut.

Seperti yang diberitakan, pemerintah dan otoritas terkait dinilai terlambat memberikan pertolongan pasca terjadinya bencana.

Tim penolong pertama kali tiba di lokasi bencana belasan jam setelah kejadian dengan menggunakan ski es. Hal itu dilakukan karena sulitnya medan yang harus ditempuh.

 

Baca: Hotel Rigopiano di Italia Terkubur Longsor Salju, 30 Orang Hilang

Ratusan anggota tim cari terjun ke lokasi bencana sejak 18 Januari, di mana hotel bernama Rigopiano terkubur mulai dari bagian pondasi hingga ke atas. Ada 11 orang yang berhasil diselamatkan. 

Seperti dikutip AFP, pejabat setempat mengatakan, sebagian besar dari korban tewas ditemukan di areal bar di dalam hotel. Terlihat salju dan dahan-dahan pohon yang menghimpit tubuh para korban.

Polisi pun telah menghitung besarnya kekuatan longsoran salju yang menghantam bangunan itu setara dengan hantaman 4.000 truk bermuatan penuh. 

Korban selamat terakhir diangkat dari reruntuhan bangunan pada Sabtu lalu. Dia berhasil ditemukan pada Jumat pagi. Korban selamat meski mengalami hipotermia ringan. 

Saat bencana terjadi, para tamu dan staf hotel sedang menunggu jalur jalan menuju hotel yang dibersihkan, agar mereka bisa bergerak. 

Namun kemudian, badai salju dahsyat turun, dan menyebabkan timbunan salju semakin tebal. Mesin pembersih jalan yang diperlukan pun tak tersedia, sehingga pembersihan jalan terhambat.

Baca: Sudah Ditemukan 8 Korban Selamat dan 4 Tewas di Hotel Rigopiano

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com