Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Teken Perintah Pembangunan Tembok di Perbatasan Meksiko

Kompas.com - 26/01/2017, 07:29 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump, Selasa (25/1/2017), memerintahkan agar pembangunan tembok pembatas di perbatasan dengan Meksiko segera dilaksanakan.

"Sebuah negara tanpa perbatasan bukan sebuah negara," kata Trump, mengulangi kalimat Ronald Reagan saat mengunjungi Departemen Keamanan Dalam Negeri untuk menandatangani dua perintah eksekutif.

"Mulai hari ini, Amerika Serikat kembali mengendalikan perbatasanya," tambah Trump.

Rencana Trump adalah membangun tembok sepanjang 3.200 kilometer di sepanjang perbasan AS dan Meksiko.

Sebagian perbatasan ini sudah dipagari, tetapi Trump bersikukuh tembok adalah yang diperlukan untuk mengurangi masuknya imigran ilegal dari Amerika Selatan.

Namun, sejumlah kalangan meragukan tembok ini, jika benar-benar selesai dibangun, akan mengurangi jumlah imigran ilegal dari Amerika Selatan.

"Saya kira para pendukung Trump sudah akan senang jika sebuah patung dibangun dengan jari tengah mengarah ke selatan," kata anggota kongres, Luis Gutierrez.

Meski rencana ini sangat populer di kalangan pendukungnya, tetapi kini Trump harus berusaha mengalihkan anggaran untuk menyelesaikan proyek ini.

Kongres yang dikuasai Partai Republik harus mengucurkan dana miliaran dolar jika ingin melihat tembok itu selesai dibangun.

Apalagi, sebagian besar lahan yang akan menjadi lokasi pembangunan tembok sudah menjadi milik warga, otorita kesukuan, atau pemerintah negara bagian Texas.

Untuk membebaskan lahan itu dibutuhkan proses hukum yang panjang, dan tentu saja pembayaran kompensasi yang tak sedikit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com