Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Keluarga Terkubur Salju Saat Tidur, 4 Tewas

Kompas.com - 25/01/2017, 16:46 WIB

SRINAGAR, KOMPAS.com - Bencana longsor salju terjadi di wilayah Kashmir, India, Rabu (25/1/2017).

Bencana ini mengakibatkan empat orang dari satu keluarga tewas tertimbun salju. 

Seperti diberitakan AFP, empat orang itu tewas setelah salju tiba-tiba menimbun rumah ketika mereka masih terlelap tidur.

Bencana ini terjadi di Kampung Badugam, di kawasan Gurez, dekat dengan perbatasan tak resmi Pakistan-yang dikuasai Kashmir.

Aparat kepolisian dan tim penyelamat berhasil menarik seorang korban berusia 18 tahun dari gundukan salju. Namun hanya dia satu-satunya korban  yang selamat. 

"Longsor terjadi pukul 04.00 subuh, membunuh empat warga dari satu keluarga. Hanya satu dari keluarga itu yang bisa diselamatkan," kata Inspektur Jenderal Javid Gillani, dari kepolisian setempat.

Para korban tewas adalah, seorang remaja laki-laki berusia 17 tahun, dan kakak perempuannya yang berumur 19 tahun, serta kedua orangtuanya. 

Sementara di lokasi lain, seorang serdadu yang tewas menjadi korban saat longsor menghantam barak militer.

Peristiwa itu terjadi di sebelah utara wilayah Sonmarg. Informasi ini diungkapkan jurubicara militer setempat. 

Wilayah administratif Kashmir di India selama beberapa dekade terakhir memang dilanda cuaca ekstrim saat musim salju.

Badai salju kerap terjadi di banyak daerah di sepanjang kawasan tersebut, dan suhu udara merosot tajam hingga minus 19 derajat celcius. 

Badan Meteorologi setempat telah memprediksi bahwa badai salju masih akan terjadi di teritorial itu hingga tiga hari ke depan. 

Sementara, otoritas setempat sudah mengeluarkan peringatan dini untuk warga agar mereka yang tinggal di kawasan pegunungan tak berusaha keluar. 

Minggu lalu, polisi setempat mengevakuasi 80 penduduk kampung Waltengoo Nar. Di tempat itu ada puluhan orang tewas setelah serangkaian longsor salju melanda pada tahun 2005 silam. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com