Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otoritas Keamanan Arab Saudi Tangkap 16 Teroris di Jeddah

Kompas.com - 24/01/2017, 22:40 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Otoritas keamanan Arab Saudi menangkap tiga warganya, dan 13 warga Pakistan yang diduga terkait dengan penggerebekan teroris akhir pekan lalu.

Pihak Kementerian Dalam Negeri mengidentifikasi dua diantara para tersangka yang ditangkap adalah mereka yang memicu ledakan pada penggerebekan yang terjadi Sabtu lalu.

Penggerebekan oleh aparat kepolisian setempat terjadi di Kota Jeddah. Demikian diwartakan kantor berita AFP, Selasa (24/1/2017).

Disebutkan, dua tersangka itu adalah Marzouk Anzi dan Khaled al-Sourwani, dipastikan mengambil bagian dalam serangan teror yang terjadi di negara itu. 

Bahkan Sourwani dipastikan memiliki hubungan dengan kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

Otoritas keamanan juga menyita sejumlah senjata dan material pembuat bahan peledak dai sebuah bangunan di mana teroris meledakkan diri saat penggerebekan itu. Kabar itu dilansir kantor berita Arab Saudi.

Pada akhir Oktober lalu, aparat keamanan di Arab Saudi juga menangkap delapan teroris dan membongkar sejumlah jaringan/ sel teroris terkait ISIS. Salah satunya adalah kelompok yang merencanakan penyerangan di stadion sepak bola utama di Jeddah. 

Mereka yang ditangkap termasuk dua warga Pakistan, satu Suriah, dan satu Sudan. 

Selama ini, Kerajaan Arab Saudi menjadi salah satu bagian dalam pasukan koalisi dengan Amerika Serikat yang berupaya menumpas keberadaan kelompok teroris ISIS di Suriah dan Irak. 

Di kerajaan ini pula terjadi serangkaian serangan mematikan yang diklaim dilakukan ISIS sejak tahun 2014.

Sebagian besar dari serangan itu menyasar aparat militer atau pun kelompok minoritas Syiah. Puluhan orang tewas dalam serangkaian serangan itu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com