Dubes August Parengkuan Pamit kepada WNI di Italia Utara - Kompas.com

Dubes August Parengkuan Pamit kepada WNI di Italia Utara

Kompas.com - 24/01/2017, 20:24 WIB
DOKUMENTASI KBRI ROMA Duta Besar RI untuk Republik Italia, August Parengkuan, bersama sebagian warga Indonesia di Italia utara, Minggu (22/1/2017).

ROMA, KOMPAS.com - Suasana haru terasa ketika masyarakat Indonesia di Italia utara menggelar acara perpisahan dengan Duta Besar RI untuk Republik Italia, August Parengkuan.

August dalam waktu dekat akan menyelesaikan tugas sebagai Dubes dan akan kembali ke Jakarta.

KBRI Roma bekerja sama dengan komunitas masyarakat Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Indonesia-Italia (PII) Milan pun menggelar kegiatan Temu Masyarakat Indonesia dan Warung Konsuler di Milan. 

Seperti tertuang dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (24/1/2017), acara itu berlangsung pada Minggu, 22 Januari 2017 lalu.

August pun berpamitan kepada komunitas dan pecinta Indonesia di Italia utara, yakni warga di Kota Milan dan sekitarnya.

Sekitar 300-an orang yang terdiri dari WNI serta para sahabat Indonesia dan keluarga memenuhi aula Circolo Sempre Avanti Angelo Airaghi, tempat acara digelar.

Acara bertema "Persatuan dalam Keberagaman" ini  didukung pula oleh kantor Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Milan dan komunitas Indonesia.

Ada Perhimpuan Pelajar Indonesia (PPI) - Italia, Keluarga Muslim Indonesia Milan (KMIM), Gereja Bethel Indonesia - Mawar Sharon, Kelompok Perkawinan Campur (KPC) Melati, Gerakan Kebaikan Indonesia (GKI), dan Asosiasi Rela Hati - Parma.

Selain warga Indonesia, terlihat hadir Wali Kota Novate Milanese, Lorenzo Guzelloni dan Komandan Carabinieri, Domenico D'errico.

August yang didampingi sang istri, Sonya Parengkuan mengungkapkan rasa terima kasih atas peran serta aktif masyarakat dan pecinta Indonesia di Italia bagian Utara.

Menurut August, warga tersebut telah sangat membantu mempromosikan Indonesia, terlebih saat World Expo Milano tahun 2015, yang membutuhkan banyak sumber daya.

Selanjutnya, August juga memberikan apresiasi atas kerukunan masyarakat Indonesia setempat, sebagaimana tercermin dari penyelenggaraan acara kali ini.

Dubes juga menegaskan perannya dan KBRI Roma sebagai pelayan publik yang selalu siap membantu masyarakat Indonesia.

Di seluruh Italia, tercatat ada 2.503 WNI termasuk 359 pelajar.

EditorGlori K. Wadrianto
Komentar