Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah China Mencela PM Jepang, Shinzo Abe

Kompas.com - 24/01/2017, 07:10 WIB

BEIJING, KOMPAS.com – Pemerintah China tidak senang dengan kunjungan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe ke Filipina, Australia, Indonesia, dan Vietnam.

China khawatir bahwa Abe mungkin mencoba mencegah upaya Beijing untuk merangkul negara-negara tetangganya di sekitar Laut China Selatan.

“Pemimpin Jepang itu berusaha keras memecah belah dan memanipulir ketegangan kawasan, dan ini memperlihatkan niat dan pikirannya yang tidak baik,” demikian kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying.

Katanya, lawatan Abe berlangsung pada saat Beijing dan tetangga-tetangga di kawasan  berhasil menstabilkan situasi di Laut China Selatan.

Di Filipina, yang menjadi tuan rumah pertemuan pemimpin Asia Tenggara tahun ini, Abe mengatakan isu Laut China Selatan terkait langsung dengan perdamaian dan stabilitas kawasan.

Abe menegaskan, masalah di Laut China Selatan telah menjadi “keprihatinan seluruh masyarakat internasional.”

PM Jepang itu juga menyambut baik upaya Presiden Filipina Rodrigo Duterte untuk meningkatkan hubungan dengan Beijing, menyusul kemenangan Filipina dalam sidang arbitrase tahun lalu yang menyatakan klaim maritim China tidak sah.

China menolak mengakui keputusan arbitrase itu dan memperingatkan AS dan negara-negara lain untuk tidak terlibat dan mencampuri sengketa wilayah yang ingin diselesaikan China melalui perundingan langsung dengan Filipina.

Baik kepada Filipina maupun Vietnam, Abe menjanjikan peluang investasi dan dukungan bagi pengawal pantai kedua negara itu dalam melindungi perairan mereka.

Abe mengatakan, Jepang akan memberikan bantuan kapal patroli baru untuk kedua negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com