Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump kepada CIA: Saya Mendukung Kalian

Kompas.com - 22/01/2017, 15:50 WIB

LANGLEY, KOMPAS.com - Presiden Donald Trump, yang pernah mengecam pedas komunitas intelijen Amerika Serikat, mengatakan kepada staf Badan Intelijen AS (CIA), "Saya mendukung kalian."

Trump berpidato di kantor pusat CIA di Langley, Virginia, Sabtu (21/1/2019) atau Minggu WIB, hari pertamanya sebagai Presiden AS.

"Saya tahu, kalian mungkin kadang tidak mendapat dukungan yang diinginkan,” ujar presiden yang baru dilantik itu.

“Kalian akan mendapat begitu banyak dukungan sehingga mungkin kalian akan mengatakan, tolong, jangan beri kami begitu banyak dukungan," kata Trum lagi disambut gelak tawa hadirin.

Pejabat-pejabat CIA mengatakan, sekitar 400 staf CIA hadir untuk menyimak pernyataan Presiden Trump.

Trump menegaskan, memerangi kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) akan menjadi prioritas utama dan bahwa untuk itu, pemerintahnya akan meningkatkan upaya.

Analis berpendapat, kunjungan itu jelas merupakan upaya memperbaiki hubungan dan bertemu pejabat-pejabat tinggi keamanan.

Menurut pejabat-pejabat intelijen, komentar Trump yang meremehkan agen mata-mata dan pekerjaan mereka di masa lalu, menghancurkan semangat staf.

Selama berbulan-bulan, Trump menolak kesimpulan CIA dan Biro Penyelidik Federal (FBI) bahwa Rusia meretas komputer Komite Nasional Demokrat (DNC) untuk ikut campur dalam Pilpres AS, dan juga meningkatkan kesempatan Trump menang.

Baru pada jumpa pers 11 Januari ini, Trump mengakui, "Menurut saya, Rusia" meretas DNC. Tetapi, ia menambahkan, bisa juga dilakukan pihak lain, termasuk China.

Sabtu (21/1/2017) sore, juru bicara Gedung Putih Sean Spicer mengadakan jumpa pers.

Spicer mengatakan, hari itu Trump telah berbicara dengan Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto dan mengundangnya ke Gedung Putih pada 31 Januari, dan bahwa ia juga akan bertemu Perdana Menteri Inggris Theresa May.

Trump berbicara dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan berharap menjadwalkan pertemuan dalam beberapa hari ke depan.

Sabtu pagi, melalui Twitter, Trump menyampaikan terima kasih kepada rakyat AS atas partisipasi mereka dalam kegiatan pelantikan, Jumat (20/1/2017). Ia berterima kasih kepada media berita atas ulasan yang umumnya positif atas pidato pelantikannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com