Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Women's March Menolak Trump Mendunia, dari Eropa hingga Australia

Kompas.com - 22/01/2017, 08:54 WIB

KOMPAS.com — Aksi penolakan terhadap Presiden Amerika Serikat yang baru dilantik, Donald Trump, tidak hanya terjadi di AS. Demonstrasi besar juga terjadi di sejumlah kota besar dunia.

Aksi demonstrasi terjadi di London, Paris, Barcelona, Roma, Amsterdam, Praha, dan Geneva, sebagai solidaritas terhadap aksi Women's March yang berlangsung di sejumlah kota besar di AS.

Dilansir dari AFP, massa memadati Trafalgar Square di London, Inggris, Sabtu (21/1/2017) waktu setempat. Mereka mengutuk sikap Trump yang selama ini dikenal sebagai figur yang intoleran, rasialis, dan sering melecehkan perempuan.

Adapun aksi serupa terjadi di dekat Menara Eiffel, Paris, Perancis. Ribuan orang berkumpul dan menyuarakan pesan-pesan perdamaian, selain menyampaikan kritik terhadap sikap Trump.

"Saya ada di sini untuk semua perempuan dan semua kaum minoritas karena Trump merupakan ancaman terhadap kemanusiaan," kata Kendra Wergin, warga AS yang berada di Paris.

"Dia (Trump) berbahaya bagi seluruh dunia," kata Francoise Seme Wallon, perempuan berusia 70 tahun yang merupakan aktivis European Union of Women dan ikut turun ke jalan.

Aksi turun ke jalan tidak hanya dilakukan di pusat keramaian. Kedutaan Besar AS pun menjadi tujuan. Hal ini antara lain terjadi di Berlin (Jerman) dan Lisabon (Portugal).

Demonstrasi serupa juga terjadi di Australia dan Selandia Baru. Massa memadati jalanan kota Sydney dan Melbourne di Australia, serta di Wellington dan Auckland, Selandia Baru, dengan pesan yang sama, mengkritik sikap Trump.

Kompas TV Demo Tolak Trump Rusuh, 200-an Orang Ditangkap
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com