Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Topi "Make America Great Again" Ternyata Buatan China

Kompas.com - 21/01/2017, 09:02 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Salah satu sambutan termeriah yang diberikan para pendukungnya kepada Presiden Amerika Serikat Donald Trump adalah ketika dia menyerukan "beli produk Amerika dan pekerjakan orang Amerika" dalam pidato pelantikannya di Washington, Sabtu (21/1/2017) dini hari WIB lalu.

Namun menurut Reuters, momen itu penuh dengan ironi.  Karena ternyata banyak pendukung Trump yang mendengarkan pidato sambil mengenakan topi baseball bertuliskan "Make America Great Again" (semboyan Trump selama Pemilu), buatan China, Vietnam, dan Banglades.

Beberapa mereka di antaranya kaget begitu mengetahui topi Trump yang mereka kenakan ternyata bukan buatan AS.

Rob Walker (44) yang berkendara ke Washington dari Georgia bersama istrinya Abby (36) sempat singgah di tempat peristirahatan truk demi membeli topi bertuliskan "Make America Great Again" itu.

"Oh Tuhan, semoga ini bukan buatan China," kata Abby, lalu membalik topi itu untuk memastikan dugaannya salah. Dia kemudian melihat label pada topi. "China! Jangan bilang siapa-siapa ya!"

The Sun Donald Trump dan putrinya, Ivanka Trump.
Topi Trump ini bisa dibeli lewat laman kampanye resmi Trump yang dibuat di Amerika Serikat dan seharga 25 dollar AS sampai 30 dollar AS. Sedangkan di jalan-jalan Washington dijual lebih murah yakni hanya 20 dollar AS.

Sementara itu, Joshua Rojas (25) dan Alyssa Young (28) datang dari tempat jauh di Texas untuk menyaksikan pelantikan di Washington. Young mengenakan topi warna pink bertuliskan "Make America Great Again".

"Saya langsung suka begitu saya pertama melihatnya. Saya membelinya di luar sana dari seorang penjual seharga 20 dolar AS," kata dia.

Apakah itu buatan Amerika? Young menjawab, "Saya enggak tahu di mana sebenarnya topi ini dibuat. Saya periksa ya."

Dia kemudian mencopot topinya dan memeriksa label pada topi itu. "Oh tidak! Buatan Vietnam!" teriak dia.

Hal serupa menimpa Victoria Scott (13) dan adiknya Andrew Scott (12) mengenakan topi "Make America Great Again". 

Topi yang dibeli Victoria harganya 25 dolar AS dan itu buatan China. Namun dia sepertinya tidak peduli. Tetapi Andrew tertarik untuk memeriksa topinya. "Banglakes?", kata dia keheranan setelah meriksa label pada topinya. Ayah mereka meluruskan ucapan anaknya itu. "Banglades kali."

Adapun Robert Morrison dari Queens, New York, mengenakan topi "Make America Great Again" yang dia beli dari jalanan seharga 20 dollar AS dan dia juga mengenakan kostum klub baseball New York Yankees. Tebak buatan mana topi dan kostum itu? China!

Padahal dalam pidatonya, Trump menghentak publik dengan pesan proteksionisn yang garang.

"Mulai dari sekarang, jadikan Amerika yang utama," kata dia.

"Kita akan mengikuti dua aturan sederhana ini, Buy American and hire American!" tandasnya.

Baca: Presiden Trump: Mulai Saat Ini Amerika yang Utama

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com