Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Turki Tangkap Tersangka Penyerang Kelab Malam Istanbul

Kompas.com - 17/01/2017, 05:25 WIB

ISTANBUL, KOMPAS.com - Sejumlah media Turki mengabarkan, kepolisian telah membekuk tersangka pelaku serangan klub malam Reina di malam tahun baru lalu.

Harian Hurriyet mengabarkan, tersangka yang ditangkap pada Senin (16/1/2017) malam, diidentifikasi sebagai Abdulkadir Masharipov (39).

Sejumlah sumber di kepolisian mengatakan, pria itu ditangkap di distrik Esenyurt, Istanbul saat tengah bersama putranya.

Sebelumnya kepolisian Turki menyebut Masharipov adalah simpatisan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) asal Uzbekistan.

Dia tiba di Istanbul dari provinsi Konya, wilayah tengah Turki pada 15 Desember 2016 untuk mempersiapkan serangan pada malam tahun baru itu.

Berdasarkan informasi yang didapatkan kepolisian, sel-sel ISIS di Konya yang terdiri atas sejumlag warga Uzbekistan terus memberikan dukungan logistik kepada Masharipov alias Abu Muhammad Horasani.

Setelah melakukan penyelidikan, kepolisian mendapati bahwa Masharipov sudah berada di Turki sejak 2011.

Kini Masharipov ditahan dengan tuduhan melakukan serangan yang menewaskan 39 orang di klub malam Reina, yang sebagian besar adalah wisatawan asing.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com