Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Direktur CIA Ingatkan Trump Jangan Cuma Bicara dan "Tweeting"

Kompas.com - 16/01/2017, 09:18 WIB

KOMPAS.com - Hanya beberapa hari sebelum Donald Trump dilantik dan resmi menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA)  John Brennan, mengeluarkan peringatan.

Pejabat yang masa jabatannya hampir habis itu menilai Trump tidak memahami sepenuhnya tindakan, niat, dan kemampuan Rusia.

"Saya pikir ia tidak mengerti sepenuhnya kemampuan Rusia, niat Rusia dan tindakan-tindakan yang dilakukan Rusia di banyak bagian dunia," kata Brennan, Minggu (15/1/2017).

"Masalah itu menjadi kewajiban dan tanggung jawab komite intelijen," kata dia lagi. 

Brennan mengatakan, begitu Trump masuk ke Gedung Putih, dia seharusnya lebih berhati-hati sebelum mencabut sanksi atas Rusia. Kecuali jika memang Rusia mengubah tingkah lakunya.

Brennan pun mempertanyakan pesan yang dikirim oleh Trump yang menganggap enteng temuan badan intelijen AS, bahwa Moskwa melakukan serangan siber untuk menggganggu proses pemilihan presiden AS

Menurut dia, Trump seharusnya tidak mengeluarkan reaksi spontan dalam berbagai masalah karena dapat berdampak buruk bagi negara.

"Trump harus paham bahwa ini semua tidak hanya menyangkut dirinya, ini berhubungan dengan AS dan keamanan nasional," tegas dia.

"Dia akan mempunyai kesempatan untuk berbuat sesuatu mengenai keamanan nasional, tidak sekadar berbicara dan tweeting," cetusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com