Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Donasikan Pemasukan dari Bisnis Luar Negeri-nya untuk Depkeu AS

Kompas.com - 12/01/2017, 09:35 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump merealisasikan jaminan bahwa jaringan bisnis luar negerinya akan mendatangkan keuntungan bagi seluruh warga AS.

Trump mengaku bakal mendonasikan seluruh pemasukan dari pemerintah asing atas layanan dari jaringan hotel yang dimilikinya di dunia.

Selain itu, sepanjang masa kepresidenan Trump, tak ada lagi kesepakatan bisnis luar negeri yang diambil oleh unit-unit usaha Trump.

Kesepakatan bisnis domestik pun akan dijalankan dengan sejumlah pembatasan.

Seperti diberitakan laman CBS News, dana tersebut nantinya akan didonasikan kepada Departemen Keuangan AS.

Penjelasan itu terungkap dalam kesempatan konferensi pers Trump yang digelar di Trump Tower, New York, Rabu pagi waktu setempat.

Sebelumnya, Trump telah menyatakan bakal mengalihkan kerajaan bisnisnya kepada kedua anak lelakinya, selama dia menjabat sebagai Presiden AS.

Eric dan Donald Trump,Jr akan bekerja sama dengan CFO (chief financial officer) Trump Organization CFO Allen Weisselberg dalam mengawasi dan menjalankan bisnis keluarga tersebut.

Trump lantas memperkenalkan Sherri Dillon dan firma hukum Morgan yang akan bertindak sebagai kuasa hukum yang mengerjakan segala rencana pengalihan bisnis milik Trump.

Dillon mengatakan, jaringan bisnis dan investasi Trump sudah akan diletakkan dalam 'trust' sebelum hari pelantikan pada 20 Januari mendatang.

"Trust" merupakan suatu konsep pemisahan kepemilikan antara pemilik benda secara hukum (legal owner) dan pemilik manfaat atas benda tersebut (beneficiary owner).

Baca: Inilah Skenario Pelepasan Kerajaan Bisnis Donald Trump ...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com