Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Tetapkan JAD Asal Indonesia sebagai Organisasi Teroris

Kompas.com - 11/01/2017, 14:59 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pemerintah AS telah menetapkan sebuah organisasi pro-ISIS asal Indonesia yang melakukan serangan di Jakarta tahun lalu sebagai organisasi teroris.

Kementerian Luar Negeri AS, Selasa (10/1/2017) mengatakan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang dibentuk pada 2015 beranggotakan puluhan simpatisan ISIS.

Pemerintah AS mengatakan, JAD melakukan serangan di Jakarta pada Januari tahun lalu yang mengakibatkan empat warga sipil dan empat penyerang tewas.

Sejumlah pejabat AS mengatakan, serangan tersebut didanai seorang anggota ISIS yang kini berada di Suriah.

Implikasi dari penetapan ini, lanjut Kemenlu AS, antara lain termasuk larangan bagi warga AS melakukan kontak dan bisnis dengan JAD serta memmbekukan semua aset atau properti yang terkait JAD di wilayah AS.

JAD dikaitkan dengan sejumlah serangan dan rencana serangan teror di Indonesia, termasuk serangan bom molotov di sebuah gereja di Samarinda, Kaltim yang menewaskan seorang balita.

Kelompok ini juga disebut berencana melakukan serangan pada hari Natal, beruntung polisi sukses menggagalkan niatan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com