Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Menutup Tugas Kepresidenannya Pun di Chicago...

Kompas.com - 11/01/2017, 09:19 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyampaikan pidato kepresidenannya di Chicago, Selasa atau Rabu WIB (11/1/2017).

Pidato tersebut sekaligus menandai berakhirnya masa jabatan Obama, dan akan beralih ke masa Presiden terpilih Donald Trump.

Trump akan dilantik menjadi Presiden AS pada 20 Januari mendatang.

Perjalanan Obama ke kampung halamannya tersebut pun menjadi kesempatan terakhir baginya sebagai Presiden AS untuk menggunakan "Air Force One".

Dia memilih Chicago karena kota itu menjadi tempat bersejarah, tempat dia kali pertama menyampaikan pidato kemenangan dalam pemilihan presiden AS delapan tahun silam.

Dalam pidatonya, Obama terus berusaha membangkitkan semangat para pendukungnya yang terasa masih terguncang dengan kemenangan Donald Trump.

"Saya kali pertama menginjakkan kaki di Chicago ketika saya berusia 20-an tahun. Saat itu, saya masih mereka-reka, siapa saya sebenarnya," kata Obama seperti dikutip AFP.

"Di kota ini pula saya mencari tujuan hidup saya," kata Obama.

"Di sini, di kota ini, saya belajar bahwa perubahan hanya akan terjadi saat orang yang luar biasa ambil bagian, bersatu, dan datang bersama untuk memperjuangkannya," seru Obama.

"Setelah delapan tahun menjadi Presiden Anda, saya tetap meyakini itu," sambungnya.

Ditemani Ibu Negara Michelle Obama, Wakil Presiden Joe Biden dan istrinya, Jill, perjalanan Obama kali ini menjadi perjalanan nostalgia menyusuri jejak sejarah di akhir kariernya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com