Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Inggris Theresa May Segera Temui Donald Trump di Washington

Kompas.com - 09/01/2017, 07:30 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Kantor Perdana Menteri Inggris memastikan Perdana Menteri Theresa May akan bertemu dengan Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump di Washington. 

Pertemuan itu bakal digelar dalam beberapa minggu ke depan, menyusul pelantikan Trump sebagai Presiden AS pada 20 Januari mendatang. 

Seperti diberitakan Associated Press, Senin (9/1/2017), sejumlah pejabat tinggi di kantor May telah bertemu dengan sejumlah staf Trump bulan lalu, demi mempersiapkan pertemuan itu.

Kendati demikian belum diungkap tanggal pasti dari rencana perjalanan yang diumumkan kepada publik pada Jumat lalu tersebut. 

Pemerintah Inggris disebut berharap akan adanya peningkatan kerjasama ekonomi dengan AS, terlebih menyusul keluarnya Inggris dari Uni Eropa. 

Namun, upaya May untuk menjalin kerjasama dengan Trump menjadi lebih rumit, menyusul ikatan kuat Trump dengan Nigel Farage. 

Nigel Farage, salah satu politisi Inggris yang mendorong warga negeri itu memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa.

Pada Juli 2016, Farage menyatakan mundur dari kursi pemimpin Partai UK Independence Party (UKIP).

Farage memandang Trump sosok sekutu yang anti-kemapanan. Dia pun menjadi politisi Inggris pertama yang bertemu Trump setelah kemenangan pemilu pada 8 November 2016 lalu.

Farage menegaskan, dia berencana untuk menghadiri acara pelantikan Trump di Washington. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com