Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembuatan Rudal Balistik Jarak Jauh Korut dalam ‘Tahap Akhir’

Kompas.com - 02/01/2017, 05:59 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com — Pemimpin muda Korea Utara, Kim Jong Un, mengatakan, uji coba rudal balistik jarak jauh yang mampu mengangkut hulu ledak nuklir akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Saat menyampaikan pernyataan Tahun Baru, Jong Un mengklaim bahwa pembuatan rudal balistik antarbenua milik Korut itu dalam "tahap akhir".

"Riset dan pengembangan peralatan senjata canggih berjalan secara aktif, dan persiapan uji roket balistik antar-benua dalam tahap akhir," kata Jong Un.

Pyongyang telah menjalani dua tes nuklir selama setahun terakhir.

Bahkan, baru-baru ini Korut mengklaim telah mencapai terobosan dalam mengembangkan sebuah rudal yang mampu mencapai daratan Amerika Serikat (AS).

Kantor berita Reuters mengutip keterangan seorang pejabat senior militer AS yang menyebutkan bahwa meskipun Korut tampaknya mampu meletakkan hulu ledak nuklir dalam wujud miniatur pada rudal, teknologi rudal yang membuat sebuah roket menjangkau sasaran jarak jauh masih menjadi kendala serius bagi negeri tersebut.

Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menyerukan kepada Korut untuk tidak melakukan uji rudal dan menerapkan beragam sanksi. Namun, hal itu diabaikan Korut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com