Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Berpotensi Tsunami Guncang Cile, 4.000 Orang Diungsikan

Kompas.com - 26/12/2016, 10:31 WIB

SANTIAGO, KOMPAS.com - Sebagian warga kota Quellon, Cile, telah menyelamatkan diri ke daerah yang lebih tinggi setelah ada peringatan kemungkinan tsunami menyusul gempa berkekuatan 7,7.

Gempa dengan magnitudo 7,7 itu mengguncang kuat di wilayah lepas pantai selatan Cile. Otoritas setempat sempat bahkan mengeluarkan kemungkinan adanya tsunami.

Gempa terjadi pukul 14:22 GMT di Pulau Chiloe, sekitar 40 kilometer dari kota Quellon, kata Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

(Baca: Gempa Bumi Berkekuatan 7,7 Landa Chile)

Belum dilaporkan adanya korban jiwa akibat gempa. Namun, sekitar 4.000 orang telah dievakuasi ke tempat yang diyakini aman.

Lokasi yang terparah akibat gempa merupakan tempat kunjungan favorit para wisatawan. Sejumlah laporan menyebutkan beberapa ruas jalan dan jembatan mengalami kerusakan akibat gempa.

Menurut USGS, kedalaman gempa berada sekitar 34 km.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana Cile awalnya mengeluarkan peringatan adanya tsunami dan memerintahkan agar warga yang berasa di pinggir pantai di wilayah Los Lagos untuk dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi.

Sejumlah warga Quellon dilaporkan telah dievakuasi ke daerah yang lebih aman sebelum peringatan adanya tsunami dicabut.

"Saya sudah tinggal selama 10 tahun di wilayah selatan dan tidak pernah merasakan guncangan keras seperti sekarang," kata seorang warga yang meninggalkan rumahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com