Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Internasional Aleppo Segera Dibuka Kembali

Kompas.com - 22/12/2016, 15:00 WIB

ALEPPO, KOMPAS. com - Pejabat Suriah, Rabu (21/12/2016), mengatakan, bandar udara internasional Aleppo, kota terbesar kedua di negara itu, akan segera beroperasi lagi.

Kabar baik muncul setelah pasukan Suriah berhasil secara gemilang menguasai kembali wilayah-wilayah yang diduduki pasukan oposisi, atau pemberontak menurut Damaskus, di Aleppo timur.

Bassem Mansour, direktur perusahaan pengelola Bandara Aleppo, menyampaikan rencana itu kepada para wartawan di landasan pacu bandara, Rabu siang waktu setempat.

Bandara internasional Aleppo tersebut sudah tidak dipakai sejak lima tahun silam atau setidaknya sejak perang saudara berkecamuk pada Maret 2013.

Mansour mengatakan, bandara akan kembali beroperasi setelah berbagai perbaikan selesai dilakukan namun ia tidak menyebutkan perkiraan waktu kegiatan bandara akan dimulai.

"Jarak pandang bandara dari berbagai arah sudah aman bagi penerbangan," ujar Mansour sebagaimana dilaporkan Xinhua, Kamis (22/12/2016).

Ia menambahkan bahwa bandara akan kembali beroperasi seperti sebelum krisis Suriah muncul.

Pengerjaan perbaikan sedang berlangsung, termasuk pencahayaan landasan pacu bandara, renovasi ruangan-ruangan untuk para penumpang, dan perbaikan mesin-mesin pengamanan, serta bea cukai di dalam bandara.

Mansour mengatakan serangan oposisi terhadap bandara dari utara dan barat daya telah menyebabkan operasi bandara terhambat dan berbagai peralatan rusak.

Ia juga mengatakan bahwa, setelah operasi militer berlangsung di Aleppo, wilayah udara di sekitar bandara sudah aman.

Pasukan Suriah baru-baru ini melancarkan serangan luas di Aleppo dan menguasai 99 persen wilayah timur Aleppo, yang sebelumnya diduduki kelompok oposisi.

Bandara internasional Aleppo tersebut telah sekian lama dikepung oleh para pemberontak namun tidak pernah jatuh ke tangan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com