Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Serangan ala Berlin, Jalan di Sekitar Buckingham Ditutup

Kompas.com - 21/12/2016, 20:07 WIB

LONDON, KOMPAS.com – Polisi Inggris menutup sementara jalan-jalan di sekitar Istana Buckingham, yang merupakan kediamanan Ratu Elizabeth II, selama upacara militer pada Rabu (21/12/2016).

Menurut Reuters, langkah tersebut sebagai antisipasi atas serangan teror yang mungkin terjadi terjadi seperti teror truk di bazar Natal di Berlin, Jerman, Senin (19/12/2016).

Kepolisian Metropolitan London, ibu kota Inggris, mengatakan, mereka akan melakukan percobaan penutupan jalan selama dua jam untuk jangka waktu tiga bulan.

Penutupan dilakukan untuk melindungi kerumunan besar massa warga yang berkumpul pada hari-hari upacara pegantian penjagaan yang digelar di luar istana Buckingham.

Penutupan jalan akan dimulai lebih awal dari yang telah direncanakan oleh kepala keamanan sebelumnya.

Percepatan penutupan diambil setelah serangan maut di pasar Natal di Berlin pada Senin, yang menewaskan 12 orang dan melukai 48 orang lainnya.

"Penutupan jalan itu, yang telah direncanakan untuk beberapa waktu, adalah tindakan pencegahan dan tidak ada kaitannya dengan (pertimbangan) intelijen tertentu," kata polisi.

Inggris berada pada tingkat ancaman tertinggi kedua, yang berarti serangan oleh militan yang dianggap sangat mungkin.

Awal bulan ini, Kepala Intelijen Luar Negeri Inggris mengatakan, militan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) berencana melancarkan serangan kepada Inggris dan sekutu-sekutunya.

Sementara BBC melaporkan, polisi Inggris menjelaskan, selain menutup jalan-jalan di sekitar Istana Buckingham, petugas keamanan juga menempatkan tambahan penghalang jalan.

Dijelaskan pula bahwa sebenarnya pengetatan pengamanan sudah dibahas beberapa bulan lalu, namun penerapannya dipercepat menyusul serangan di Berlin.

Sementara itu wali kota London, Sadiq Khan, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan kepolisian untuk memastikan keamanan dan keselematan warga dan pengunjung di ibu kota Inggris ini.

"Memastikan keselamatan semua orang yang ada di London adalah prioritas utama saya dan kepala kepolisian London," kata Khan seperti dilaporkan BBC Indonesia.

Serangan di Berlin juga mendorong polisi mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk waspada dan berhati-hati ketika berada di pasar Natal, yang biasanya makin ramai pada hari-hari mendatang.

Kepolisian di Manchester, salah satu kota terbesar di Inggris, mengatakan 'tidak menerima informasi akan adanya serangan, namun akan meningkatkan patroli' di sekitar 10 pasar Natal di kota tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com