Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mungkin Terjadi Ancaman, Ini Cara AS Persiapkan Pelantikan Trump

Kompas.com - 21/12/2016, 17:50 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com —  Operasi keamanan dan persiapan sedang dilakukan satu bulan menjelang pelantikan Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat, yang diperkirakan akan diramaikan oleh demonstrasi  yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Meskipun banyak anggota militer dan Garda Nasional yang merencanakan pelantikan ini sejak lama, di gudang persenjataan lokal di Washington DC pertengahan pekan ini dipamerkan sebuah peta kota berukuran besar.

Ada penjelasan soal rencana dan gerakan presiden pada hari pelantikan kelak, seperti dilaporkan Voice of America, Rabu (21/12/2016).

Presiden terpilih Donald Trump dan wakil presiden terpilih Mike Pence akan memulai harinya di Gereja Episcopal St John, di mana mereka kemudian akan menuju ke Gedung Putih untuk bertemu dengan Presiden Barack Obama yang akan menyerahkan kunci – dalam bentuk fisik – simbol Gedung Putih.

Setelah menandatangani beberapa dokumen administrasi, sebuah iring-iringan mobil akan membawa presiden terpilih dari Gedung Putih ke Capitol Hill untuk mengikuti upacara pengambilan sumpah.

“Secara umum pelantikan berlangsung sebagaimana pada masa lalu, meskipun ada hal-hal yang mungkin berubah,” ujar Brigjen George Degnon, Wakil Komando Pelantikan Presiden 2017 dalam konferensi pers pada Rabu (14/12/2012).

Degnon secara diplomatis menjawab beberapa pertanyaan tentang apa perbedaan persiapan dan operasi keamanan pada pelantikan kali ini dibanding sebelumnya.

Komite Gugus Tugas – yang mencakup sejumlah anggota militer dan Garda Nasional Distrik Colombia – menjelaskan hal-hal dasar, termasuk yang paling mungkin terjadi yaitu ancaman terhadap parade pelantikan.

Oleh karena itu pihak yang terlibat diharuskan memiliki identitas yang jelas dan rencana cadangan bagi ratusan ribu orang jika cuaca memburuk.

Ribuan anggota Garda Nasional akan diperbantukan di Departemen Kepolisian Washington DC, sehingga mereka memiliki wewenang untuk melakukan penangkapan.

Pelantikan anggota-anggota Garda Nasional sebagai polisi kota Washington DC pada saat pelantikan ini merupakan hal yang umum terjadi, tetapi mereka hampir tidak pernah menggunakan wewenang untuk melakukan penangkapan.

Bahkan pada pelantikan pertama Presiden Obama tahun 2009 – yang dihadiri oleh kerumuman massa terbanyak dalam sejarah Amerika – tidak ada satu penangkapan pun dilakukan olen tentara, demikian menurut Mayjen Errol Schwartz – panglima Garda Nasional Washington DC.

Mengingat acara pelantikan umumnya di luar ruangan dan berlangsung pada Januari, maka cuaca menjadi keprihatinan utama bagi setiap orang yang terlibat.

Personil militer memiliki tiga seragam untuk persiapan jika cuaca memburuk, dan pada 20 Januari jam 04.30 waktu setempat, komandan mereka akan memutuskan seragam apa yang akan dikenakan.

Pada pelantikan kedua Presiden Ronald Reagan tahun 1985, upacara di luar gedung Capitol Hill dibatalkan karena salju, angin sangat dingin dan penurunan suhu yang sangat cepat; sehingga pelantikan terpaksa dilakukan di dalam ruangan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com