Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Jet "Siluman" J-20 Buatan China Mengalahkan Dominasi F-22 Raptor?

Kompas.com - 19/12/2016, 21:51 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Dalam waktu dekat China berpotensi untuk mematahkan monopoli jet-jet tempur buatan Amerika Serikat.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi CCTV, seorang pakar militer China Li Li mengatakan, jet J-20 bakah menggeser dominasi F-22 Raptor.

Li menambahkan, meski F-22 Raptor adalah jet generasi kelima pertama yang bertugas resmi di sebuah angkatan udara, tetapi secara umum performa pesawat itu tak memuaskan.

Li bahkan yakin bahwa jet tempur buatan China J-20 dan jet T-50 buatan Rusia akan mematahkan monopoli Barat.

Meski spesifikasi pesawat ini belum diketahui, tetapi banyak pengamat meyakini J-20 akan memiliki kemampuan "siluman" alias menghindari radar setara dengan F-22 Raptor.

acecombat.wikia.com Inilah protitipe MiG 1.44 yang oleh sejumlah analis banyak kemiripannya dengan jet buatan China Chengdu J-20.

Sementara itu, wakil editor majalah militer Arsenal of the Fatherland, Dmitry Drozdenko mengatakan, jet tempur J-20 juga memiliki kemiripan dengan protipe jet eksperimental yang tengah dikembangkan perusahaan dirgantara MiG.

"Menurut pendapat saya, mesinnya didasarkan pada MiG 1.44 dan dirancang untuk bersaing dengan (Sukhoi) PAK FA dalam tahap desain awal dan terbang perdana pada 2000," kata Drozdenko.

"Pesawat China ini sangat mirip. Meski belum diumumkan secara resmi, J-20 menggunakan mesin AL-31F yang dikembankan Salut dan dibeli China dengan harga 500 juta dolar," tambah Drozdenko.

Drozdenko bukan analis pertama yang mencatat kemiripan antara J-20 dengan MiG 1.44 yang terhenti produksiya, setelah foto-foto pesawat itu mulai muncul pada 2010.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com