Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otoritas Rusia Gagalkan Upaya ISIS Ledakkan Bom di Moskwa

Kompas.com - 15/12/2016, 19:13 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Biro pengamanan federal Rusia (FSB), Kamis (15/12/2016), mengklaim telah menggagalkan sejumlah upaya serangan teror dari kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) di Moskwa.

Terkait pencegahan itu, otoritas Rusia pun telah menangkap empat teroris. 

"Empat anggota kelompok teroris itu kami tangkap menyusul serangan pada Kamis," demikian diungkapkan otoritas setempat dalam pernyataan tertulis, seperti dilansir AFP.

"Para teroris itu merencanakan serangan dengan perintah langsung dari sayap organisasi pendudukan ISIS di Turki, pelaku sudah dinyatakan dalam daftar buronan di Tajikistan."

Namun FSB tidak memberikan identitas lebih rinci tentang para teroris itu. Mereka hanya menyebut para teroris adalah warga Tajikistan dan Moldova.

Kelompok ini berencana melakukan serangan teror bom di Moskwa dengan menggunakan bahan peledak rakitan berkekuatan besar.

Redaksi AFP yang berada di lokasi pemeriksaan FSB di selatan Moskwa, menyaksikan sebuah blok apartemen ditutup dan mendapat penjagaan ketat pasukan khusus, saat terjadi serangan. 

Dalam serangan itu, polisi pun menyita senjata api dan amunisi, berikut bahan peledak dan sejumlah besar material peledak yang siap dirakit untuk menjadi bom berdaya ledak tinggi.

Pemerintah Rusia meluncurkan kampanye pengeboman di Suriah sejak akhir tahun lalu. Mereka berdalih, upaya itu dilakukan demi mencegah serangan teroris ke Rusia.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Rusia menyebutkan, ada lebih dari 2.000 teroris dari Rusia dan bekas negara Uni Soviet yang terbunuh di Suriah tahun lalu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com