Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kado Boneka Seks untuk Menteri Bikin Gempar Cile

Kompas.com - 15/12/2016, 09:36 WIB

SANTIAGO, KOMPAS.com — Masyarakat Cile digemparkan oleh kado boneka seks bertuliskan “untuk merangsang ekonomi” yang diberikan pengusaha kepada Menteri Ekonomi Luis Cespedes.

Kehebohan meledak setelah foto-foto Cespedes yang berpose dengan boneka seks itu beredar luas di media sosial, seperti dilaporkan Associate Press, Kamis (15/12/2016) pagi.

Presiden perempuan pertama Cile, Michelle Bachelet, berkicau di Twitter bahwa guyon dalam bentuk boneka seks itu mengandung unsur misoginis.

Selain itu pemberian boneka seks itu dinilai Bachelet sebagai sebuah ejekan terhadap tujuan pemerintahnya dalam mempromosikan penghormatan terhadap kaum perempuan.

Cespedes menerima boneka itu dari Roberto Fantuzzi, ketua asosiasi pengekspor di Cile, Asexma, pada saat jamuan makan pada Selasa (13/12/2016) malam untuk menandai akhir tahun.

Para politisi dan pemimpin perusahaan, yang sebagian besar laki-laki, termasuk mantan ketua organisasi pengekspor Amerika Serikat, Jose Miguel Insulza, tampak tertawa ketika Cespedes berpose tersenyum dengan boneka wanita telanjang di tangannya.

Di Cile, sudah menjadi tradisi bagi petinggi Asexma untuk memberikan kado kepada setiap tamu yang mereka undang pada saat jamuan makan malam tutup tahun mereka.

Namun, beberapa peserta tidak mau menerima hadiah apa pun setelah media sosial dihebohkan dengan tuduhan seksisme. Mereka mengatakan, Fantuzzi telah melampaui batas.

"Seseorang tertawa karena yang satu lagi berada dalam situasi canggung. Namun, kami semua menyadari bahwa itu adalah sebuah kesalahan, dan kami meminta maaf," kata Alejandro Guiller, peserta makan malam yang diperkirakan akan maju sebagai calon presiden pada tahun 2017.

Cespedes mengatakan bahwa ia menyesal. Insulza juga menyesalkan apa yang terjadi pada malam itu.

"Saya berpikir bahwa selain meminta maaf, ini menunjukkan bahwa di Cile masih ada seksisme dan dalam beberapa kasus bahkan kebencian terhadap wanita," kicau Bachelet di Twitter.

"Apa yang terjadi pada malam itu tidak bisa ditoleransi," demikian Presiden Cile tersebut berkicau di Twitter.

Perjuangan untuk “menghormati semua perempuan adalah prinsip pemerintahan saya," kata dia, seperti dilaporkan Agence France-Presse.

Seperti di banyak negara Amerika Latin, semakin banyak demonstran yang turun di jalan-jalan di Cile selama beberapa bulan terakhir untuk memprotes aksi kekerasan terhadap perempuan dan dominasi budaya masokisme.

Ketua Umum Asexma, Roberto Fantuzzi, mengatakan, pihaknya tidak memiliki niat buruk.

"Saya mempunyai istri, anak perempuan, dan cucu perempuan. Saya tidak pernah bermaksud memicu kekerasan terhadap perempuan," katanya di Twitter.

"Asexma memberi boneka itu karena bagi mereka ekonomi seperti seorang wanita, itu harus dirangsang," katanya.

Mulut boneka seks tersebut telah ditempeli tulisan berbunyi "untuk merangsang ekonomi."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com