Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Assad Bertekad Teruskan Serangan Udara Setelah Bebaskan Aleppo

Kompas.com - 15/12/2016, 06:48 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Presiden Suriah Bashar al-Assad, Rabu (15/12/2016), mengatakan, pasukan pemerintahan akan terus melancarkan serangan terhadap para pemberontak di negaranya setelah kota Aleppo dibebaskan dari kelompok pemberontak.

Sementara itu, demikian para pegiat HAM Suriah, evakuasi warga yang seharusnya dimulai Rabu pagi waktu setempat di Aleppo, tidak berjalan dengan mulus.

Evakuasi warga sipil dan pemberontak Suriah yang sebelumnya direncanakan dimulai Rabu pagi (14/12) di Aleppo mengalami penundaan.

Gencatan senjata di kota itu ambruk dengan dimulainya kembali pertempuran di kawasan-kawasan yang masih dikuasai pemberontak.

Terkait dengan rencana evakuasi warga, sejumlah bis pemerintah terlihat berada di luar distrik-distrik timur Aleppo yang dulunya dikuasai pemberontak.

Rincian kesepakatan yang dimediasi Turki dan Rusia tidak jelas, termasuk akan dibawa kemana warga sipil dan pemberontak itu.

Terobosan besar

Dalam wawancaranya dengan stasiun televisi Russia 24 yang disiarkan pada Rabu, Assad bertekad untuk merebut kembali kota bersejarah di Suriah tengah, Palmyra.

Sementara pasukan Suriah telah membuat terobosan besar dalam serangannya baru-baru ini untuk membersihkan Aleppo dari kendali para milisi.

Sebelumnya pada Rabu menurut pusat Rusia untuk rekonsiliasi Suriah, tentara Suriah membebaskan salah satu dari wilayah-wilayah terakhir di Aleppo yang masih diduduki para pemberontak.

Militer kemudian mengerucutkan daerah yang dikendalikan kelompok militan menjadi hanya 2,5 kilometer persegi.

Assad mengatakan ia menganggap presiden terpilih Amerika Serikat, Donald Trump, sebagai "sekutu alami" bagi Damaskus jika Trump mau menjaga janji memerangi terorisme dan tidak mencampuri urusan dalam negeri Suriah.

Ketika berbicara soal rencana membangun kembali negaranya yang hancur karena konflik selama bertahun-tahun, Assad mengatakan, ia berharap para pengungsi yang telah meninggalkan Suriah untuk pulang.

Ia juga mengatakan akan memberikan prioritas kepada Rusia, China, Iran, dan negara-negara lain untuk terlibat dalam pembangunan kembali Suriah pascaperang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com