Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Berkelakar, Ucapan "Selamat Ulang Tahun" Dini Membawa Sial

Kompas.com - 14/12/2016, 21:01 WIB

VATIKAN, KOMPAS.com — Pemimpin Gereja Katolik Tertinggi Sedunia, Paus Fransiskus, berkelakar di depan ribuan orang pada Rabu (14/12/2016) bahwa memberikan ucapan ulang tahun lebih awal akan membawa sial baginya.

Paus Fransiskus akan merayakan hari ulang tahunnya yang ke-80 tahun pada Sabtu (17/12/2016), seperti dilaporkan Reuters.

Namun, pada Rabu ini, ribuan umat Katolik malah sudah bernyanyi untuk mengucapkan "selamat ulang tahun" kepada pemimpin mereka. 

"Terima kasih atas ucapan untuk ulang tahun saya nanti," kata Paus Fransiskus yang berasal dari Argentina itu di depan puluhan ribu orang, Rabu ini.

"Saya akan memberi tahu Anda satu hal, yang mungkin akan membuat Anda tertawa. Di negara saya, menyampaikan ucapan selamat ulang tahun lebih awal akan membawa sial," katanya.

Vatikan, negara-kota berpemerintahan sendiri itu, berada di tengah kota Roma, ibu kota Italia.

Negara terkecil yang menjadi pusat kekatolikan itu menerbitkan edisi khusus perangko untuk merayakan ulang tahun Paus yang terpilih pada 2013.

Vatikan juga membuat tujuh akun surat elektronik (e-mail), yang akan menampung ucapan HUT dari berbagai macam bahasa, termasuk Latin. Salah satu alamat e-mail itu ialah papafranciscuc80@vatican.va.

Ucapan dengan bahasa lain, seperti Italia, Spanyol, Inggris, Perancis, Jerman, dan Polandia, juga dapat dikirim ke surat elektronik itu. Sementara itu, ucapan via media sosial akan diberi tagar #Pontifex80.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com