Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan Bahan Baku dari Turki, ISIS Bisa Bangun Pabrik Senjata di Mosul

Kompas.com - 14/12/2016, 17:09 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com - Sebuah temuan terbaru mengungkap hal yang mencengangkan. Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) ternyata mengembangkan persenjataan standar miliyter di wilayahnya di Irak dan Suriah.

Hal itu terungkap setelah serangan militer Irak terhadap Mosul menemukan fasilitas pembuatan persenjataan dalam skala industri di Mosul.

Pabrik ini menghasilkan berbagai jenis senjata dan amunisi seperti roket, mortar serta bom dalam sebuah proses produksi dengan kontrol dan birokrasi ketat.

Para inspektur dari Riset Persenjataan Konflik (CAR) yang berbasis di Inggris menemukan berbagai bukti ini saat ikut dengan pasukan Irak yang menyerbu Mosul.

Tim ini menemukan sejumlah pabrik dan bengkel produsen persenjataan di wilayah timur kota Mosul.

Direktur Eksekutif CAR James Bevan mengatakan, temuan ini menunjukkan bahwa ISIS memiliki kapasitas untuk memproduksi senjata dalam skala yang masif.

"Ini merupakan sebuah program industrial yang dikelola secara terpusat yang menghasilkan amunisi bahan bakunya diperoleh dari di Turki," ujar Bevan.

"Dampak dari produksi ini bisa dipantau di medan pertempuran di mana pasukan Irak menghadapi serangan mortar roket yang terus menerus dalam perebutan Mosul," lanjut Bevan.

Laporan CAR menambahkan, ISIS bahkan sudah membentuk pusat standarisasi dan kendali mutu (COSOQC) yang menerbitkan panduan parameter produksi pengendalian mutu produksi senjata.

CAR dalam investigasinya berhasil mendokumentasikan setidaknya 5.000 peluru dan roket dalam berbagai tahapan produksi.

Selain itu, pasukan Irak juga menemukan 500 peluru roket dan mortar yang sudah selesai diproduksi.

Sesuai label yang tertera di berbagai peluru dan persenjataan itu baru berusia satu bulan setelah diproduksi sebelum disita pasukan Irak yang masuk ke Mosul.

Sebagian besar bahan baku untuk pembuatan amunisi dan senjata itu berasal dari berbagai pasar domestik di Turki.

CAR menambahkan, pabrik senjata semacam ini tak hanya terdapat di Mosul tetapi di kota-kota lain yang pernah diduduki ISIS seperti Fallujah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com