Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Klaim Bom Bunuh Diri di Gereja Koptik Mesir

Kompas.com - 14/12/2016, 16:27 WIB

RAQQA, KOMPAS.com - Kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) menyatakan bertanggung jawab atas serangan bunuh diri di dalam Gereja Koptik di Kairo, Mesir, yang menewaskan 25 orang.

Dalam pernyataan kelompok radikal dan ekstrem itu, sebagaimana dilaporkan Voice of America, Rabu (14/12/2016), ISIS memperingatkan akan terjadi serangan lebih banyak lagi.

Kelompok teror paling bengis itu berjanji akan melanjutkan perang melawan "tiap orang kafir dan murtad di Mesir dan di tempat- tempat lain."

Rekaman televisi menunjukkan, tersangka pada hari kejadian, Minggu (11/12/2016), berjalan melalui pintu gerbang gereja sebelum meledakkan bom yang dibawanya.

ISIS mengidentifikasi dia sebagai "Abu Abdullah al-Masri" yang tampaknya merupakan nama samaran.

Pada Senin (12/12/2016), Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi mengidentifikasi pengebom itu bernama Mahmoud Shafiq Mohammed Mustafa (22).

Pihak berwenang Mesir telah menahan empat orang yang diduga terkait dengan ledakan itu dan mencari orang-orang lainnya yang mungkin terlibat.

Penganut Koptik hanya 10 persen dari penduduk Mesir, tetapi telah menjadi sasaran kekerasan anti-Kristen menyusul penggulingan presiden pro-Islam, Mohamed Morsi, tahun 2013. 

Kementerian Dalam Negeri Mesir, Senin (12/12/2016), menuding seorang anggota Ikhwanul Muslimin yang kabur ke Qatar terlibat dalam peledakan bom di Gereja Koptik itu.

Pihak Kemendagri Mesir menambahkan, dari hasil investigasi pria itu melatih dan mendanai kelompok yang meledakkan Gereja Koptik pada Minggu (11/12/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com