Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berfoto Bugil di Kantor, Perempuan PNS Belgia Diberhentikan Sementara

Kompas.com - 12/12/2016, 23:57 WIB

BRUSSELS, KOMPAS.com - Seorang pegawai perempuan di Kementerian Dalam Negeri Belgia diberhentikan untuk sementara waktu karena foto-foto bugilnya di ruang kantor dan lift.

Perempuan yang sudah bekerja selama enam tahun itu menegaskan bahwa gambar-gambar tersebut sepenuhnya pribadi dan tidak berkaitan dengan pekerjaan, seperti dilaporkan berbagai media Belgia.

Namun atasannya tidak sepakat karena foto yang diunggah ke Twitter tersebut dengan jelas memperlihatkan kantor Kementerian Dalam Negeri di pusat ibu kota Brussels.

Perempuan itu memprotes keputusan bosnya yang membawa perkara ini ke pengadilan tinggi tata usaha negara, yang kemudian menolak argumentasi karyawan.

Media menggambarkan perempuan bersangkutan bekerja di bagian administrasi.

Dia pertama kali muncul di stasiun TV Prancis yang menurunkan laporan tentang pria dan perempuan yang menawarkan jasa seks, seperti ditulis koran Belgia, Het Laatste Nieuws.

Seperti 'penderita kusta'

Foto-foto telanjang perempuan yang namanya tidak diidentifikasikan itu diabadikan di dalam kantor maupun lift dan kemudian menyebar ke internet.

Atasannya memerintahkan dia untuk menyerahkan komputer jinjing dan kartu pengenal kementerian serta memberhentikan untuk sementara waktu walau tetap menerima gaji penuh.

Namun dia menuduh Kementerian Dalam Negeri telah mengganggu kehidupan pribadinya dengan 'aksi balas dendam' yang secara serius merusak reputasi profesionalnya.

Pengadilan tinggi tata usaha negara memutuskan justru dia sendiri lah yang mengambil risiko untuk menodai reputasinya dengan berfoto dan menyebarkannya di internet.

Pengacaranya belum memberi komentar atas keputusan pengadilan namun perempuan bersangkutan dikutip media mengatakan, "Saya diperlakukan seperti penderita kusta," sambil menegaskan dia mendapat dukungan dari para rekan kerjanya di kantor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com