Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Suhu Minus 53 Derajat Celcius, Anak-anak Siberia Tetap Bersekolah

Kompas.com - 09/12/2016, 07:27 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Suhu udara di Yakutia, atau secara resmi dikenal dengan nama Republik Sakha, di kawasan Siberia, Rusia, pada Kamis (8/12/2016), tercatat minus 45 derajat Celcius.

Suhu yang luar biasa dingin itu berarti satu hal, anak-anak sekolah berusia 7-12 tahun atau kelas 1-5 sekolah dasar harus diliburkan.

Cuaca yang terlalu dingin itu, menurut pemerintah setempat, sudah tak bisa lagi dilawan anak-anak yang masih terlalu muda.

Kamis tersebut adalah hari terdingin di kota Yakutsk, ibu kota Yakutia, pada musim dingin kali ini. Selama ini Yakutia dikenal sebagai kota terdingin di dunia itu.

Namun, cuaca dingin menusuk tulang itu hanya "menggembirakan" bagi anak-anak kecil. Bagi siswa sekolah yang lebih tua, maka tak ada hari libur.

Sedangkan di kota Verkhoyanks, masih di Siberia, suhu anjlok hingga minus 51 derajat Celcius dan anak-anak sekolah kelas 1-7 juga terpaksa diliburkan.

Di desa Batagai, tak jauh dari kota Verkhoyansk, termometer menunjukkan suhu minus 53 derajat Celcius tetapi para siswa kelas 10-11 belum diliburkan.

Di distrik Olekminks, suhu udara tercatat minus 45 derajat Celcius. Semua siswa kelas 1-8 di kota itu diliburkan.

Sedangkan di kota Lenks, anak-anak sekolah kelas 1-9 diminta tetap berada di rumah karena suhu udang sudah mencapai minus 45 derajat Celcius.

Meski secara umum Siberia dilanda musim dingin yang dahsyat, di kota Chersky, suhu udara malah menunjukkan suhu yang cukup "hangat" yaitu 4 derajat Celcius.

Di kota ini, salju mencair karena suhu yang hangat. Situasi ini disebabkan adanya aliran udara hangat yang datang dari pesisir Semenanjung Kamchatka.

Yakutia adalah wilayah di timur jauh Rusia dengan areal seluas lebih dari 3 juta kilometer persegi.

Dengan wilayah yang lebih besar dari Argentina ini, Yakutia hanya dihuni kurang dari 1 juta orang yang sebagian besar adalah etnis Yakutsk dan Rusia.

Kawasan ini memang dikenal dengan suhu udaranya yang ekstrem dengan suhu udara rata-rata di musim dingin adalah di bawah minus 35 derajat Celcius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com