Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Bawa Wanita Mesir Berbobot 500 Kg untuk Operasi di Mumbai?

Kompas.com - 08/12/2016, 15:51 WIB

MUMBAI, KOMPAS.com — Sudah 25 tahun ini Eman Ahmed, warga Mesir dengan bobot badan 500 kg, tidak bisa melangkah keluar rumahnya di Kairo, ibu kota negara itu.

Kini, Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj berupaya membantu wanita berusia 36 tahun itu agar mendapat visa medis ke Mumbai dan menjalani operasi penurunan bobot badan.

Namun, hal yang menjadi persoalan dan tantangan terberat ialah bagaimana membawa wanita berbobot badan 500 kg itu ke Mumbai, seperti dilaporkan Times of India, Kamis (8/12/2016).

Tidak ada penerbangan langsung ke Kairo. Operator swasta menolak untuk melayani.

Hingga sejauh ini, juga belum ada maskapai yang bersedia menyewakan pesawatnya demi mengangkut Ahmed.

Peraturan di Jet Airways, misalnya, menyatakan, tandu yang mereka miliki mampu membawa pasien dengan berat kurang dari 136 kilogram.

"Para tamu yang bobotnya lebih dari 136 kg takkan mendapatkan layanan tandu saat bepergian dengan pesawat kami," demikian menurut situs berita internal Jet Airways.

Sementara itu, maskapai nasional tidak memiliki selebaran tentang pedoman batas berat.

Namun, para ahli mengantisipasi beberapa rintangan dalam mencari pesawat untuk mengangkut Ahmed.

Chairman dan Managing Director Air India, Ashwani Lohani, mengatakan, jika ada permintaan resmi agar menyediakan pesawat khusus, mereka akan mempertimbangkannya.

"Air India tidak terbang ke Afrika saat ini. Bandara terdekat adalah Frankfurt di Jerman. Namun, kami akan senang untuk mengeksplorasi kelayakan terbang bagi Ahmed," katanya kepada Daily Mirror.

Situs web maskapai nasional India itu menekankan penyelesaian dokumen untuk menggunakan tandu pasien, tetapi tidak menyebutkan pembatasan berat kepada si wisatawan medis itu.

"Sebuah pro-forma sepatutnya diisi bersama dengan tanda tangan dari penumpang atau keluarga terdekat atau pendamping dan dokter yang hadir, diperlukan untuk diserahkan," katanya.

"Seorang pendamping yang dewasa dan berbadan sehat harus menemaninya. Pengangkutan tanda penumpang sesuai pengaturan dan bergantung pada ketersediaan ruang," kata situs maskapai.

Dokter Muffazal Lakdawala dari Rumah Sakit Saifee, Mumbai, di mana operasi bariatric bagi Ahmed akan dijadwalkan, mengatakan, mereka telah mendekati beberapa ambulans udara, tetapi mereka belum mendapat jawaban positif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com