Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2016, 05:56 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com — Setelah sembilan bulan "menghilang", Ri Sol Ju, istri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, kembali muncul di hadapan publik.

Ri Sol Ju kembali terlihat mendampingi suaminya dalam sebuah foto yang dirilis kantor berita Korea Selatan Yonhap pada Minggu (4/12/2016).

Dalam foto itu, menurut Yonhap, Kim Jong Un dan Ri Sol Ju tengah menyaksikan latihan perang udara yang digelar AU Korea Utara.

Namun, Yonhap yang juga mengutip keterangan dari kantor berita Korea Utara, KCNA, tak menyebutkan tanggal atau keterangan lain terkait acara yang dihadiri kedua tokoh itu.

Sebelum foto itu dirilis, Ri Sol Ju tak terlihat dalam berbagai acara publik di Korea Utara sejak dia mengunjungi kompleks kesehatan dan distrik komersial di Pyongyang pada 28 Maret lalu.

Tak diketahuinya kabar Ri Sol Ju memicu spekulasi bahwa dia sudah tak diinginkan Kim Jong Un dan keluarganya, termasuk Jim Yo Jang.

Jim Yo Jang adalah adik perempuan Kim Jong Un yang bertanggung jawab atas pencitraan dan pengultusan sang pemimpin Korea Utara itu.

Spekulasi lain adalah Ri Sol Ju tengah mengandung seperti saat dia "menghilang" pada 2012.
Kehamilan Ri Sol Ju itu kemudian dipastikan mantan bintang NBA Dennis Rodman yang menyebut Ri telah melahirkan seorang anak perempuan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com