Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Valls Ingin Maju sebagai Calon Presiden Perancis

Kompas.com - 05/12/2016, 22:21 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Perdana Menteri Perancis Manuel Valls telah lama dianggap sebagai calon presiden negara itu.

Status Valls sebagai kandidat sosialis untuk tahun 2017 semakin diperkokoh oleh keputusan presiden petahana, Francois Hollande, untuk tidak mencalonkan diri kembali.

Valls, yang berhaluan sosialis, rencananya hendak mengumumkan pencalonan dirinya sebagai presiden pada pemilu tahun depan, Senin (5/11/2016).

Kantor Valls mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengatakan, ia akan mengumumkan pencalonan dirinya di balairung kota Evry, yang terletak di sebelah selatan Paris.

Pengumuman diperkirakan muncul setelah Hollande mengatakan, pekan lalu, ia tidak berencana mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua karena kurangnya dukungan untuk bisa menang.

Keputusan Hollande itu sendiri akan menjadikannya presiden pertama yang sedang menjabat dan tidak mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua.

Jika Valls memenangi pemilihan pendahuluan di kubu sosialis, ia akan bersaing menghadapi Francois Fillon, mantan PM Perancis.

Fillon pada usia 62 tahun itu pekan lalu secara meyakinkan meraih nominasi calon presiden dari Partai Republik yang berhaluan kanan tengah.

Pemilu Presiden Perancis akan berlangsung dalam dua putaran pada April dan Mei 2017. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com