Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shinzo Abe Jadi PM Jepang Pertama yang Kunjungi Pearl Harbour

Kompas.com - 05/12/2016, 17:46 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menjadi pemimpin Jepang pertama yang menginjakkan kaki di Pearl Harbour.

Kunjungan itu diumumkan, Senin (5/12/2016), sebagai bagian dari kunjungan Abe ke Hawaii untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serijat Barack Obama.

"Saya akan mengunjungi Pearl Harbour bersama Presiden Obama," demikian ungkap Abe kepada wartawan dalam acara siaran langsung di televisi. 

Diberitakan AFP, Abe, yang akan berada di Hawaii pada 26-27 Desember 2016 akan mengunjungi lokasi yang disasar Jepang pada 7 Desember 1941. Serangan itulah yang memicu pecahnya perang dunia II di pasifik. 

Kunjungan ke Hawaii ini terjadi setelah Obama pada bulan Mei lalu mengunjungi Hirosima.

Hirosima adalah kota di Jepang yang diserang AS dengan bom atom pertama, sekaligus menjadi akhir perang dunia III.

Kota Nagasaki dibom pula beberapa hari kemudian. 

Baca: Obama Akan Jadi Presiden Pertama AS yang Kunjungi Hiroshima

Kunjungan Obama tersebut menimbulkan spekulasi bahwa Abe akan datang mengunjungi Pearl Harbour sebagai balasan. Sekalipun, sebelumnya Pemerintah Jepang membantah hal itu sebagai pertimbangan. 

Istri Abe, Akie mengunjungi Pearl Harbor pada Agustus, dan di akun Facebook dia menyebut, membawa bunga dan doa di monumen USS Arizona Memorial.

Di hari pengeboman 75 tahun silam, pesawat-pesawat tempur Jepang terbang rendah di pangkalan angkatan laut AS. Serangan itu menyebabkan lebih dari 2.400 pasukan AS dan warga sipil tewas. 

Serangan selama dua jam di pangkalan pasifik AS itu, menyebabkan 20 kapal AS rusak dan bahkan tenggelam. Sementara ada 164 pesawat yang hancur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com