Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan di Tambang Batubara di China Renggut 32 Nyawa

Kompas.com - 04/12/2016, 10:43 WIB
Aprillia Ika

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Jumlah pekerja tambang yang tewas pada kecelakaan di tambang batubara di China mencapai 32 pekerja pada Minggu, menurut laporan media negara tersebut.

Kecelakaan tambang ini merupakan insiden terkini dari China, negara dengan catatan keselamatan kerja industri yang rendah.

Ledakan di tambang batubara terjadi Sabtu waktu setempat di tambang kecil di wilayah Mongolia Dalam, dekat dengan Mongolia, menurut kantor berita Xinhua.

Sebanyak 181 pekerja tambang terperangkap di bawah tanah, dan 149 pekerja diantaranya berhasil diselamatkan.

Kecelakaan ini adalah kecelakaan tambang batubara terbesar kedua dalam beberapa pekan ini. Kecelakaan terjadi setelah pemerintah meminta pengusa tambang untuk menaikkan produksi saat harga batubara naik seiring datangnya musim dingin.

Dalam kecelakaan pertama, pemerintah mengkonfiormasi pada Jumat, bahwa 21 pekerja tewas setelah terjadi ledakan di tambang batubara di timur laut provinsi Heilongjiang.

Batubara merupakan dua pertiga konsumsi energi di China, tapi tambangnya merupakan salah satu yang paling mematikan, akibat kurangnya standar keselamatan kerja.

Pemerintah China sebenarnya sudah memerintahkan semua tambang batubara di negara ini untuk memberikan keselamatan kerja ke pekerja tambang pada bulan lalu.

Namun insiden yang kembali terjadi menjadi pengingat bagi regulator seiring dengan upaya China memasok produksi batubara untuk memenuhi permintaan musim dingin.

Sebelumnya, 33 pekerja tewas dalam kecelakaan ledakan gas di tambang batubara di barat daya kota  Chongqing pada 31 Oktober 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com