Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2016, 18:53 WIB

PERTH, KOMPAS.com - Seorang psikiater anak-anak terkenal asal Australia Barat, Aaron Voon, mengaku bersalah mengambil gambar dan merekam anak-anak dalam keadaan tidak senonoh di Perth dan di luar negeri.

Tindakan Voon ini baru terungkap ketika dia ditangkap di Edmonton, Kanada, saat merekam menggunakan teleponya, seorang anak laki-laki di kamar mandi.

Dalam penyelidikan atas perangkat elektronik di rumah dan di kantornya di Perth, polisi menemukan gambar lain dan rekaman dengan fokus kelamin anak-anak ketika mereka sedang kencing.

Pada Jumat (2/12/2016) di Pengadilan Magistrat Perth, Voon menyatakan diri bersalah atas sembilan tuduhan berkenaan dengan rekaman yang dibuatnya.

Ia mengambil gambar dan merekam kejadian tidak senonoh itu di Perth, Australia; Edmonton di Kanada; Queenstown di Selandia Baru; dan San Francisco di Amerika Serikat.

Voon ditahan di Perth pada Mei lalu setelah kembali dari Kanada di mana dia dikenai tuduhan memiliki dan membuat bahan pornografi anak-anak dan melakukan tindakan mengintip.

Tindakan pelanggaran dari berbagai tuduhan tersebut sekarang ditangani oleh pengadilan di Australia Barat.

Setelah dikenai tuduhan, Voon secara sukarela menyatakan kepada pihak berwenang dalam bidang medis di Australia Barat bahwa dia takkan melakukan praktek sampai keputusan akhir mengenai masa depannya diketahui.

Voon sebelumnya dikenal sebagai psikiater anak-anak yang dihormati dan melakukan praktek di kawasan Perth selatan.

Dia tidak menjalani tahanan dan akan dihadapkan lagi ke sidang pengadilan pada bulan depan.

Pengacaranya sudah meminta adanya laporan psikologi dan psikiatri sebelum hakim menjatuhkan hukuman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com